Penjaga gawang utama Ajax Amsterdam, Andre Onana tengah naik daun. Penampilannya yang memukau membuat klub-klub tenar Eropa lain tertarik ingin mendatangkannya. Yang paling gencar diberitakan memburu kiper berusia 23 tahun ini adalah Barcelona. Kemudian ada tim papan atas Premier League, Arsenal. Onana sendiri sudah memperbarui kontraknya membela de Godenzonen sampai pertengahan tahun 2022.

Rumor ketertarikan Barcelona untuk membawa Andre Onana sangat menguat karena perjalanan karirnya di Benua Eropa mulainya di tanah Catalunya. Semasa kecil di Kamerun, dia diterima di yayasan sepak bola milik legenda Kamerun, Samuel Etoó. Setelah itu per tahun 2010, dia bisa bergabung dengan akademi terkenal punya Barcelona, La Masia. Lima tahun terlewati, Onana kemudian memutuskan hijrah ke Belanda dan merapat ke Ajax Amsterdam melalui tim mudanya. Pilihan yang terjadi saat itu cukup mengesalkan bagi jajaran direksi El Barca, salah satunya Andoni Zubizarreta yang sebenarnya masih ingin mempertahankan Onana.

Statistiknya musim ini mendapat penilaian tidak buruk. Di ajang Liga Champions, sampai leg 1 perempat-final sudah 33 kali saves yang berhasil dilakukannya. Berdasarkan catatan Whoscored tersebut, Onana menjadi kiper dari tim 8 besar yang paling banyak melakukan upaya penyelematan. Partai leg 2 babak 16 besar saat Ajax membantai Real Madrid menjadi momen unjuk ketangguhan Onana. Tujuh saves bisa dibikin untuk mengamankan gawang timnya.

Belum ada trofi yang bisa dipersembahkan Onana untuk Ajax Amsterdam dari mulai debut di tim utama pada musim 2016/17. Untuk musim ini, dari kompetisi domestik, de Godenzonen berada di jalur juara Eredivisie bersaing dengan PSV Eindhoven dan menembus final KNVB Cup. Sementara di kancah Eropa, bukan tak mungkin pemenang empat kali Liga Champions tersebut masih ada kans membuat kejutan.

Dengan penampilannya yang tengah menanjak, peruntungan ke timnas Kamerun pun membaik. Sejak komando kepelatihan dipegang oleh Clarence Seedorf mulai Agustus 2018 lalu, Onana dipercaya sebagai kiper utama. Menggeser Fabrice Ondoa yang menjadi andalan jaga gawang saat The Indomitable Lions menjuarai Piala Afrika 2017.