Napoli merebut kemenangan penting di giornata awal tahun 2019. Mengalahkan Lazio dengan skor 2-1, I Partenopei masih menduduki peringkat kedua tabel klasemen sementara Serie A. Jose Callejon dan Arkadiusz Milik berjasa di pertandingan itu berkat gol yang dibuatnya.

Arkadiusz Milik kembali pamer kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan bebas. Kali ini kiper Lazio, Thomas Strakosha yang tak berkutik melihat gawangnya kemasukan bola yang ditendang melengkung. Sebelumnya pada giornata 16, saat Napoli menghadapi Cagliari, eks striker Ajax Amsterdam tersebut mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan dengan direct free-kick.

Penyerang kelahiran tahun 1994 itu sedang menikmati periode positif bersama Napoli. Sejak hadir di San Paolo, Milik belum lagi menunjukkan ketajamannya seperti saat berseragam Ajax Amsterdam. Memang problem cedera menjadi salah satu faktor yang sempat mengganggunya.

Musim pertama di Serie A, Milik bikin 5 gol dari 17 caps. Musim berikutnya jumlah gol tetap sama dengan dimainkan sebanyak 15 pertandingan. Lalu pada kesempatan ketiganya kali ini, penyerang yang bernomor punggung 99 sudah mendapat kepercayaan bermain lebih banyak. Oleh Carlo Ancelotti selaku allenatore Napoli terkini, Milik sudah turun lapangan sebanyak 17 partai hingga giornata 20. Torehan 11 gol yang sudah dibuatnya masih bisa bertambah.

Meningkatnya jumlah gol, diimbangi dengan perkembangan kreasi mencetak gol. Masa baktinya di San Paolo pun bertambah. Rencananya begitu bursa transfer Januari tutup, akan ada pembahasan kontrak yang berakhir di pertengahan tahun 2021 akan diperpanjang sampai tiga tahun selanjutnya.

Milik Kejar Boniek

Pada gelaran Serie A musim ini, pemain berkebangsaan Polandia berjumlah 16 orang. Hanya bek Empoli, Michal Marcjanik yang belum mendapat menit bermain di liga Italia. Beberapa nama yang sudah menjadi pilihan utama di klubnya antara lain Arkadiusz Milik dan Piotr Zielinski (Napoli), Wojciech Szczesny (Juventus), Krzysztof Piatek (Genoa), Karol Linetty dan Bartosz Bereszynski (Sampdoria).

Paling banyak persebaran pebola Polandia terdapat di posisi penyerang yaitu sebanyak 5 pemain. Selain Milik dan Piatek yang sedang meramaikan daftar top skor, ada Mariusz Stepinski (Chievo), Lukasz Teodorczyk (Udinese) dan Dawid Kownacki (Sampdoria). Masing-masing dari mereka sudah mencicipi lebih dari 5 pertandingan bersama klubnya sampai paruh musim Serie A 2018/19. Hanya Teodorczyk yang belum membuka keran golnya di kasta tertinggi liga Italia tersebut.

Kesempatan besar untuk Milik (dan mungkin juga Piatek) menorehkan sejarah di Serie A dengan menjadi pemain Polandia yang paling banyak mencetak gol. Sampai saat ini, Milik sudah mencetak 21 gol. Terpaut 10 gol dari Zbigniew Boniek yang enam musim (tahun 1982 s.d. 1988) merumput di Italia bersama Juventus dan AS Roma. Sedangkan rekor pencetak gol terbanyak dalam semusim sudah pasti disandang Piatek atau Milik yang bakal terukir di musim ini.