Tersisa empat negara di Piala Afrika 2019. Kebetulan, duel yang akan tersaji di semifinal kali ini menggambarkan pertaruhan reputasi antara kekuatan sepak bola kawasan Afrika Barat versus Afrika Utara. Aljazair dan Tunisia mewakili Afrika Utara. Nigeria dan Senegal mewakili Afrika Barat.

Para semifinalis Piala Afrika 2019 kali ini memiliki kekurangannya masing-masing dalam beberapa hal. Berikut rapor singkat yang dibuat berdasarkan data dari Whoscored.

Negara Pass Success % Passes/game Dribbles/game Clearance/game
Aljazair 78,9 355,8 18,2 15,6
Nigeria 78,2 401,8 16,6 15,6
Senegal 81 399,8 19 11,4
Tunisia 79,6 424,8 11,67 16

Senegal vs Tunisia
Pertemuan antar timnas yang sudah cukup lama tak menembus semifinal Piala Afrika. Terakhir kali Senegal masuk semifinal pada Piala Afrika 2006 (saat itu berlangsung di Mesir). Sementara Tunisia, pencapaiannya mentok tak bisa melaju hingga semifinal sejak menjuarai Piala Afrika 2004. Wajar kedua negara tersebut merayakan kelolosan dari 8 besar dengan penuh sukacita.

Hanya sekali pertandingan antara Senegal dengan Tunisia yang berlangsung pada fase knock-out Piala Afrika. Yakni pada perempat final edisi 2004. Kala itu Tunisia berhasil menyingkirkan Senegal dengan skor tipis 1-0.

Diyakini banyak pihak bahwa timnasnya dalam periode Golden Generations, Senegal amat difavoritkan menjuarai Piala Afrika. Berbeda dengan Tunisia yang tidak terlalu mengumbar ambisi sehingga ditempatkan sebagai underdog.

Senegal menang: 4 pertandingan
Imbang: 7 pertandingan
Tunisia menang: 9 pertandingan

Aljazair vs Nigeria
Terdapat rivalitas yang mengikat antara Aljazair dan Nigeria di perhelatan Piala Afrika. Terutama pada era 80an, dimana kedua negara tersebut dipertemukan pada empat dari lima putaran final yang dilaksanakan. Paling membekas yaitu di edisi 1980, pada partai final. Harapan Aljazair untuk menjadi kampiun untuk pertama kalinya dipadamkan oleh Nigeria.

Nigeria selalu bisa mengatasi Aljazair di setiap kesempatan partai fase knock-out Piala Afrika. Di edisi 1988, Nigeria melaju ke final dengan menyingkirkan Aljazair. Sementara pada edisi 2010, perebutan juara ketiga Nigeria yang menjadi pemenang atas Aljazair.

Fakta tersebut seharusnya tak mengendurkan nyali Riyad Mahrez dkk. Rekor pertemuan antara Aljazair dan Nigeria tidak terlalu jauh perbedaan kemenangannya. Dari kubu lawan, Odion Ighalo cs siap membuktikan ketangguhannya.

Aljazair menang: 7 pertandingan
Imbang: 3 pertandingan
Nigeria menang: 9 pertandingan