Sampai jornada 28, Barcelona kokoh di puncak klasemen sementara. Berjarak 10 poin dengan Atletico Madrid yang menempati peringkat kedua. Berikutnya ada Real Madrid yang tertinggal 2 poin dari rival sekotanya tersebut. Dengan sisa sepuluh pertandingan di La Liga musim ini, apakah terjadi pergeseran posisi dalam perebutan gelar juara?

Mengacu pada jadwal yang tersisa, Atletico akan berjumpa Barcelona di jornada 31. Pada saat itulah seharusnya Antoine Griezmann cs bisa memangkas selisih poin dengan merebut kemenangan. Sayangnya sudah lama Los Colchoneros belum meraih kemenangan di Camp Nou sejak terakhir pada tahun 2006 silam. Jika ternyata kubu El Barca mengamankan tiga poin di kandangnya pada laga tersebut, kans juara La Liga musim ini kian membesar.

Dalam 10 partai yang tersisa, selain menghadapi Atletico, Barcelona dengan kualitas pemain yang baik seharusnya masih bisa dominan atas musuh-musuh tanding selanjutnya. Kesulitan yang dialami Lionel Messi dkk mungkin bisa terjadi di kandang Villarreal, El Madrigal dan Balaidos yang merupakan markas Celta Vigo. Mengingat pada pertemuan yang berlangsung di tempat tersebut kerap gagal mendapat tiga poin.

Sedangkan Atletico memang harus pantang kehilangan poin di 10 laga terakhir La Liga musim ini. Masih ada hadangan dari sesama tim yang berada di tujuh besar klasemen sementara yakni Deportivo Alaves, Valencia, Sevilla. Untungnya, konsentrasi skuad arahan Diego Simeone ini sudah tidak terbagi ke kompetisi Eropa. Sehingga dapat fokus dalam upaya bertahan di jalur juara liga.

Dengan margin poin yang membentang jauh sebesar 12 poin, Real Madrid sudah dikesampingkan banyak pemerhati La Liga dalam posisi bursa juaranya. Kembalinya Zinedine Zidane menjabat sebagai pelatih, diharapkan bisa menepis inkonsistensi performa tim yang mendera. Jadwal Los Blancos yang tersisa di La Liga musim ini, partai tandangnya dapat bikin cemas karena melawan Valencia, Getafe, Rayo Vallecano, dan Real Sociedad.

Peluang dua klub dari ibukota Spanyol menjadi juara sangat tipis. Mampukah Barcelona menggenggam trofi La Liga yang ke 26 kalinya di tahun ini?