Publik sepak bola Amerika Serikat dibuat heran dengan keputusan pelatih timnasnya, Gregg Berhalter soal penentuan posisi kiper di skuad Gold Cup 2019. Pasalnya dari tiga nama yang dibawa, tak tercantum nama Bill Hamid. Penjaga gawang yang memperkuat DC United, menjadi salah satu favorit kalangan suporter USMNT (sebutan singkat timnas Amerika Serikat) berkat aksi-aksinya di MLS.

Terlebih penampilan Zack Steffen yang didaulat sebagai kiper utama pernah membuat kesalahan fatal. Kala versus Venezuela di partai persahabatan jelang Gold Cup, gagal mengoper bola dengan baik sehingga diterima pemain musuh dan bisa berujung gol. Kendati demikian, patut diapresiasi bahwa gawang USMNT hanya bisa dijebol lawannya selama Gold Cup 2019 sebanyak 2 kali. Satu di semi-final dan satu lagi di pertandingan final.

Bill Hamid sudah membela USMNT sejak tahun 2012. Dia juga turut ikut dalam skuad timnasnya saat menjuarai Gold Cup edisi 2013 dan 2017. Hanya saja dari mulai debutnya sampai sekarang, angka caps baru terkumpul 6 laga.

Statistik di MLS sejauh ini milik Bill Hamid menunjukkan rapor yang baik. Dari 24 kali main, berhasil menorehkan 9 clean sheet. Rangking kedua setelah kiper kawakan Amerika Serikat yang membela Atlanta United, Brad Guzan dengan 11 clean sheet.

Sampai sekarang berdasarkan perhitungan Whoscored, Bill Hamid merupakan kiper di MLS musim ini yang paling banyak melakukan penyelematan dengan jumlah 100 saves. Ditambah ketika menghadapi situasi tendangan penalti dari lawan pada empat kesempatan, tak ada yang berhasil menembus gawangnya.

Salah satu penampilan memukau Bill Hamid di MLS musim ini adalah saat meladeni Toronto FC (16/5). Pada pertandingan yang berlangsung imbang tanpa gol tersebut, dia berhasil melakukan 12 saves.

Memang untuk mengisi pos nomor satu di USMNT tak begitu mudah. Saingan Bill Hamid selain Zack Steffen, Sean Johnson, dan Tyler Miller yang masuk skuad di Gold Cup 2019 ada juga David Bingham dan Ethan Horvath.

Demi memuluskan hasratnya menembus timnas Amerika Serikat, Bill Hamid bisa mempertimbangkan opsi bermain di klub-klub Eropa. Mengikuti jejak Kasey Keller, Tim Howard, dan Brad Guzan yang malang melintang di benua biru untuk kemudian diandalkan USMNT. Zack Steffen yang sekarang tengah menjadi kiper inti, saat ini gabung kesebelasan dari Jerman, Fortuna Dusseldorf.

Apalagi begitu MLS 2019 selesai, Bill Hamid akan kembali ke FC Midtjylland yang sudah mengontraknya mulai tahun 2018 lalu. Saat ini di DC United dia berstatus pinjaman dari klub asal Denmark tersebut. Jadi, penting bagi Hamid, ia harus memikirkan bagaimana pilihan yang akan dibuat untuk kelanjutan karirnya. Tetap di Amerika Serikat atau siap berkelana ke daratan Eropa.