Menjelang bergulirnya Liga 1 2019, sejumlah kesebelasan sudah hampir menemukan kerangka inti dalam susunan pemainnya. Tak terkecuali untuk lini belakang. Manakah klub yang akan mendapat hasil baik dengan formasi anyar di sektor bek tengah?

Abdul Rahman – Aaron Evans
Jumlah kebobolan PSM Makassar di Liga 1 2018 adalah 42 gol. Tidak terlalu buruk karena masih di lima besar klub dengan jumlah kebobolan terminim. Abdul Rahman dan Steven Paulle menjadi pasangan benteng terakhir yang dipakai. Sayangnya di tahun ini, Paulle memilih pindah tim. Sebagai gantinya, diangkutlah bek Barito Putera, Aaron Evans. Selain bermain di lini belakang, pemain berpaspor Australia tersebut bisa ditempatkan di lini tengah dengan peran sebagai gelandang bertahan.

Fachruddin Aryanto – Jaimerson Xavier
Madura United merekrut Jaimerson Xavier dari Persija Jakarta. Korban dari kedatangan Jaime tak lain adalah top skor klub di tahun lalu, Fabiano Beltrame. Selain sama-sama berasal dari Brasil, baik Jaime dan Fabiano kerap mencatat namanya di papan skor. Di ajang Liga 1 2018, Fabiano bikin 9 gol dan Jaime mengemas 7 gol. Fachruddin Aryanto yang merupakan pilar timnas Indonesia saat ini bisa lebih fokus menggalang lini belakang Laskar Sape Kerrab yang musim lalu kebobolan sebanyak 50 gol.

Maman Abdurahman – Steven Paulle
Dengan mengandalkan duet bek tengah Maman Abdurrahman dan Jaimerson Xavier, Persija Jakarta hanya kebobolan 36 gol di Liga 1 2018. Jumlah yang paling sedikit dari kesebelasan lainnya. Kini Maman akan mendapat tandem baru. Yaitu pemain belakang berkebangsaan Prancis, Steven Paulle yang diangkut dari PSM Makassar. Secara kedisiplinan dalam bertahan, Paulle dan Jaime sama baiknya. Yang membedakan diantara keduanya yaitu dari karakter ofensifnya.

Hansamu Yama – Otavio Dutra
Pos bek tengah di Persebaya Surabaya pada tahun lalu kerap berganti. Hal ini tak lepas dari permasalahan cedera. Otavio Dutra, Rahmat Irianto, M. Syaifuddin dan Andri Muliadi silih berganti masuk ruang perawatan. Pada masa persiapan jelang Liga 1 2019. Bajul Ijo memboyong Hansamu Yama dari Barito Putera. Kehadiran bek timnas Indonesia ini disiapkan sebagai andalan baru di lini belakang.

Jan Lammers – Javlon Guseynov
Formula stelan centre-back asing kembali dipakai Borneo FC di tahun ini. Pada tahun lalu, Azamat Baimatov (Kirgistan) berdampingan mengawal lini belakang bersama Renan Alves (Brasil) mulai putaran kedua Liga 1 2018. Baimatov dan Renan Alves sudah tak lagi di skuad Pesut Etam tahun ini. Jan Lammers (Belanda) dan Javlon Guseynov (Uzbekistan) jika tanpa halangan berarti akan menjadi bek baru yang siap diandalkan Borneo FC.