Sampdoria gagal menutup tahun 2018 dengan memenangkan pertandingan. Bertandang ke markas Juventus pada giornata 19 Serie A musim ini, berakhir dengan keunggulan kampiun liga tertinggi Italia dalam 7 gelaran terakhir.

Namun ada satu sosok di Sampdoria yang sepertinya tak perlu terlalu berkecil hati atas partai pamungkas tahun ini. Yaitu sang Il Capitano, Fabio Quagliarella. Satu gol dari titik 12 pas pada duel lawan Juventus tersebut membuatnya menorehkan pencapaian gemilang. Eks pemain Napoli dan Udinese tersebut selalu mencetak gol di 9 pertandingan beruntun. Terhitung sejak giornata 10 sampai giornata 19 Serie A 2018/19 (Pada giornata 12, Quagliarella tidak main).

Sebelumnya performa Quagliarella mandek begitu musim ini dimulai. Pada 9 giornata awal, dia hanya menciptakan 2 gol. Tetapi jumlah asisnya lebih banyak dengan torehan 4 asis. Padahal musim lalu, penyerang yang akrab dengan nomor punggung 27 tersebut sanggup bikin 19 gol di Serie A.

Bersaing untuk Top Skor

Dengan penampilannya yang impresif belakangan ini, Fabio Quagliarella meramaikan bursa top skor sementara Serie A musim ini. Menutup paruh musim dengan gelontoran selusin gol. Selisih 2 gol dengan pucuk pimpinan perebutan sepatu emas saat ini, Cristiano Ronaldo.

Seolah kembali melanjutkan catatan penyerang uzur Italia yang ketajamannya subur di Serie A. Seperti yang pernah dilakukan ikon Udinese, Antonio Di Natale dan Luca Toni dengan seragam Hellas Verona yang sukses merebut status capocannonieri. Berikut daftar top skor Serie A (dengan format kompetisi 20 tim) per musimnya yang pemenangnya striker berkebangsaan Italia dengan usianya menginjak lebih dari 32 tahun.

Musim Pemain Klub Jumlah Gol Umur saat merebut Capocannoniere
2007/08 Alessandro Del Piero Juventus 21 gol 33 tahun
2009/10 Antonio Di Natale Udinese 29 gol 32 tahun
2010/11 Antonio Di Natale Udinese 28 gol 33 tahun
2014/15 Luca Toni Hellas Verona 22 gol 37 tahun

 

Tentunya tifosi Il Samp bisa berharap untuk melihat pemenang sepatu emas Serie A dari kesebelasan kebanggaan mereka. Sebab, terakhir kali pemain Sampdoria berhasil menjadi capocannonieri pada musim kejayaan mereka menjuarai Serie A 1990/91 yaitu Gianluca Vialli.

Selain itu, Quagliarella juga bisa menggoreskan tinta emas sejarah Sampdoria untuk pencetak gol terbanyak selama semusim di kasta teratas liga Italia. Rekor tersebut dinamai oleh Vicenzo Montella yang berhasil bikin 22 gol pada Serie A musim 1996/97.