Telah banyak nama penyerang-penyerang hebat yang pernah mengenakan kostum merah khas Liverpool. Namun mungkin hanya sedikit yang mengetahui nama Gordon Hodgson. Dia menjadi penggawa The Reds antara tahun 1925 sampai 1936. Telah bermain sebanyak 377 partai dengan mencetak 241 gol.

Dibalik performa individu yang mengilap dengan rata-rata per musim bisa mencetak kisaran 20 gol, Gordon Hodgson tak bisa mengantar Liverpool menjuarai Liga Inggris. Namanya terpampang dalam sejarah klub.

Gordon Hodgson berada di urutan ketiga dalam daftar pencetak gol sepanjang masa Liverpool. Dibawah Ian Rush dengan 346 gol dan Roger Hunt dengan 285 gol. Namun salah satu rekor apik dari Gordon Hodgson yang masih bertahan sampai saat ini ialah perolehan hat-trick untuk The Reds. Goresan sejarah klub mencatat bahwa penyerang kelahiran Afrika Selatan ini 17 kali membuat trigol dalam satu partai.

Awal kiprah Gordon Hodgson bersama Liverpool bermula saat tim Afrika Selatan bertandang ke Inggris pada agenda tur di beberapa negara Eropa pada tahun 1924. Saat itu statusnya adalah pemain amatir dan termuda dalam skuat. Dalam pertandingan antara tim Afrika Selatan versus Liverpool tersebut, Gordon Hodgson tampil memukau dan membantu timnya menang dengan skor 5-2.

Pada bulan Desember 1925, Gordon Hodgson bersama dua rekan setim Afrika Selatan, Arthur Riley dan James Gray, telah dikontrak Liverpool. Berpadu dengan Harry Chambers dan Dick Forshaw, Gordon Hodgson membentuk kombinasi trisula maut The Reds. Sehingga menandingi kehebatan pemain andalan rival sekota, Everton yaitu Dixie Dean.

Sebelum dipecahkan oleh Roger Hunt, Gordon Hodgson merupakan pencetak gol terbanyak dalam semusim di liga Inggris. Yakni pada musim 1930/31 dengan torehan 36 gol. Pada musim tersebut juga, dia berkesempatan membela timnas Inggris.

Kiprah dari Gordon Hodgson selepas hengkang dari Liverpool berlanjut di Aston Villa. Dengan tebusan £3,000, pada Januari 1936 dia meninggalkan Merseyside. Namun kedatanganya tak mampu menolong The Villans dari degradasi ke Divisi Dua Liga Inggris.

Setengah musim berkecimpung di Divisi Dua, dengan torehan 7 gol dari 13 laga, Gordon Hodgson cabut dari Villa Park. Leeds United yang bermain di Divisi Satu Liga Inggris meminangnya pada periode kedua musim 1936/37. Total selama membela Leeds United sampai tahun 1940, dia berhasil mencetak 51 gol dari 81 penampilan.

Selain dikenal lihai sebagai pesepakbola, Gordon Hodgson juga mampu menjadi pemain kriket. Sempat bermain untuk tim kriket yang ada di kota Liverpool disela-sela waktunya sebagai penggawa The Reds mulai rentang tahun 1928 sampai 1932. Beralih profesi sebagai pelatih usai Perang Dunia pada tahun 1946 sampai akhir hayatnya di Port Vale. Gordon Hodgson meninggal pada usia 47 tahun disebabkan penyakit kanker.