Dua kesebelasan tenar Italia, AS Roma dan AC Milan akan saling berhadapan pada giornata 9 Serie A 2019/20. Selain itu, partai lain yang bisa menjadi sorotan pada akhir pekan ini yakni Fiorentina versus Lazio yang menutup giornata 9. Berikut sedikit pembahasan singkat menjelang pertandingan-pertandingan yang berlangsung di liga teratas Italia mulai Jum’at (25/10) malam sampai minggu (27/10) malam.

Hellas Verona vs Sassuolo
Duel antara Hellas Verona versus Sassuolo yang menjadi pembuka giornata 9 diyakini berlangsung sengit. Tuan rumah belum tentu diunggulkan kendati lawan yang dihadapi selalu kalah dalam tiga partai terakhir di Serie A. Sassuolo dapat memanfaatkan kelebihannya berupa kemampuan mencetak gol yang lebih baik dari Hellas Verona. Hingga giornata 8, Sassuolo telah mencetak 14 gol, sedangkan Hellas Verona mencetak 6 gol.

Lecce vs Juventus
Sulit bagi Lecce untuk memberikan kekalahan perdana Juventus di Serie A musim ini. Perbedaan kualitas skuad yang amat jauh menjadi salah satu acuan yang mengunggulkan Juventus sebagai pemenang laga. Menilik catatan pertemuan dalam 5 pertandingan sebelumnya, Lecce menang sekali, Juventus menang dua kali, dan sisanya berakhir skor sama kuat.

Inter vs Parma
Dua kemenangan penting yang diraih sebelum menghadapi giornata 9, yakni atas Sassuolo (Serie A) dan Borussia Dortmund (Liga Champions) menambah kepercayaan diri skuad Inter. Namun bukan mustahil bagi Parma untuk bisa mencuri kemenangan di Giuseppe Meazza seperti pada musim lalu. Tinggal bagaimana allenatore Parma, Roberto D’Aversa menemukan cara meredam barisan penyerang Inter yang selalu mencetak gol dalam 5 pertandingan belakangan ini.

Genoa vs Brescia
Bergantinya kursi kepelatihan di Genoa dengan ditempati oleh Thiago Motta menumbuhkan asa perbaikan tim. Untuk terwujudnya asa tersebut, tanpa kemenangan yang dialami enam laga terakhir harus segera dihentikan. Akan tetapi, Brescia tak boleh dipandang remeh terutama pada lini depannya. Selain ada Alfredo Donnarumma yang sudah mencetak 4 gol sampai saat ini, Mario Balotelli telah kembali memperlihatkan kemampuan mencetak golnya.

Bologna vs Sampdoria
Baik itu dari Bologna, juga Sampdoria, sama-sama belum meraih kemenangan pada empat laga terakhirnya di Serie A. Bologna yang akan didampingi Sinisa Mihajlovic menancapkan keyakinan akan dapat poin maksimal kali ini. Mengingat pada dua laga kandang sebelumnya, dengan dipantau langsung sang allenatore di sisi lapangan, Nicola Sansone dkk tak terkalahkan.

Atalanta vs Udinese
Hingga giornata 8, Atalanta sudah mengoleksi gol diatas angka 20. Efek dari selalu mencetak minimal 2 gol sejak bergulirnya Serie A musim ini. Udinese saat ini baru menderita kebobolan 6 gol. Terminim dari konstestan Serie A lain sejauh ini. Menarik untuk diperhatikan dari Atalanta versus Udinese, mana yang akan lebih tangguh dengan strategi yang diusungnya.

SPAL vs Napoli
Untuk keluar dari papan bawah, SPAL wajib menambah perolehan poin. Sayangnya, pada giornata 9 lawan yang dihadapi adalah Napoli. Yang tengah dalam penampilan yang meyakinkan berkat kemenangan atas Hellas Verona (Serie A) dan RB Salzburg (Liga Champions). Dries Mertens yang menjadi juru gedor andalan I Partenopei sedang dalam gairah yang tinggi untuk mengejar posisi sebagai top skor sepanjang masa klub.

Torino vs Cagliari
Setelah mengawali Serie A dengan dua kekalahan beruntun, Cagliari bangkit dan tak tersentuh lagi kekalahan sampai giornata 8. Ujian konsistensi Robin Olsen cs terbentang di laga away kontra Torino. Dengan tumpuan serangan pada sang Il Capitano, Andrea Belotti yang sampai sekarang sudah mengoleksi 5 gol.

Roma vs Milan
Dalam posisi yang sekarang berada diluar lima besar tabel classifica, Roma dan Milan mengumbar ambisi kemenangan pada giornata 9 kali ini. Empat partai berturut-turut Roma yang berakhir imbang di partai Serie A dan Europa League ingin segera diakhiri. Sedangkan Milan masih belum menemukan formula terbaiknya dibawah arahan pelatih baru Stefano Pioli.

Kendati demikian, Milan patut optimis menatap duel kontra Roma berbekal catatan positif Pioli. Dalam empat pertandingan terakhir Pioli membawa anak asuhnya (bersama Fiorentina) menghadapi Roma, tak terkalahkan. Termasuk kemenangan telak Fiorentina 7-1 Roma di Coppa Italia musim lalu.

Sementara dari kubu Roma, dapat berharap pada tuah Edin Dzeko. Penyerang berusia 33 tahun ini jika mencetak gol ke gawang Milan, maka Roma bisa meraih kemenangan. Seperti yang terjadi pada gelaran Serie A giornata 35 musim 2016/17 dan giornata 7 musim 2017/18.

Fiorentina vs Lazio
Kebetulan, Fiorentina dan Lazio sama-sama mengumpulkan 12 poin sampai giornata 8. Peluang untuk membedakan poin diantara mereka sekaligus merapat ke papan atas seimbang, sebesar 50:50. Fiorentina harus bisa memanfaatkan keunggulan stamina yang lebih bugar karena tak ada agenda pertandingan midweek seperti Lazio.