Kompetisi antar klub dari benua biru yakni Liga Champions dan Liga Europa telah menjalani tiga pertandingan penyisihan grup. Untuk musim 2020/21, Spanyol mengirimkan 7 tim untuk bermain di kancah Eropa. Semua kesebelasan tersebut belum ada yang tertutup peluangnya untuk lolos ke babak selanjutnya .

 

Duo Madrid masih belum aman
Dari empat klub La Liga yang berpartisipasi di Liga Champions musim ini, Barcelona dan Sevilla belum tersentuh kekalahan hingga matchday 3 berlangsung. Jika meraih tambahan tiga poin di matchday 4 sudah bisa menjamin dapat tiket lolos ke babak 16 besar.

 

 

 

Persaingan di grup A dimana Atletico Madrid berada diyakini tidak rumit. Kendati Joao Felix dkk dilumat Bayern Muenchen serta tertahan saat bertandang ke Lokomotiv Moscow. Masih ada dua laga kandang tersisa yang dapat dimaksimalkan meraih poin penuh.

 

 

Sementara itu Real Madrid terlibat pertarungan ketat di grup B. Tak ada selisih poin yang jauh antar penghuni grup. Peluang Los Blancos agar dapat lolos ke babak 16 besar masih terjaga andai tak kehilangan poin saat bertandang ke markas Inter Milan dan Shakhtar Donetsk.

 

 

Matchday 4
Atletico Madrid vs Lokomotiv Moscow
Inter Milan vs Real Madrid
Krasnodar vs Sevilla
Dynamo Kyiv vs Barcelona

 

Matchday 5
Atletico Madrid vs Bayern Muenchen
Shaktar Donetsk vs Real Madrid
Sevilla vs Chelsea
Ferencvaros vs Barcelona

 

Matchday 6
Salzburg vs Atletico Madrid
Real Madrid vs Borussia Moenchengladbach
Rennes vs Sevilla
Barcelona vs Juventus

 

Rumit di Grup F
Dari ajang Europa League, tiga perwakilan La Liga memiliki perolehan poin yang baik hingga matchday 3 penyisihan grup. Villarreal menyapu bersih tiga laga pertama dengan poin penuh. Sedangkan Real Sociedad dan Granada dapat meraih dua kemenangan.

 

Hanya saja, situasi pelik dialami Real Sociedad yang berada di grup F. Bersama dengan Napoli dan AZ Alkmaar telah mengantongi 6 poin. Menghadapi dua pesaingnya tersebut pada pertemuan selanjutnya, Mikel Oyarzabal dkk akan melakoni laga tandang. Kemenangan yang bisa diraih pada duel tersebut yang bisa menjadi penentu kelolosan dari fase grup Europa League musim ini.

 

Poin
1 AZ Alkmaar 6
2 Napoli 6
3 Real Sociedad 6
4 Rijeka 0

 

Granada yang menjadi debutan di Europa League musim ini berhasil tampil meyakinkan sejauh ini. Berhasil menang dari salah satu tim besar Belanda, PSV yang menjadi unggulan di grup E. Pada tiga pertandingan berikutnya, Granada akan bermain di kandang sendiri. Jika mampu pertahankan performa baik tim, Maxime Gonalons cs bisa tampil di babak berikutnya.

Poin
1 Granada 7
2 PAOK Thessaloniki 5
3 PSV Eindhoven 3
4 Omonia Nicosia 1

 

Satu kemenangan lagi maka Villarreal dapat dipastikan lolos ke babak 32 besar Europa League musim ini. Tentu tidak sulit bagi klub yang berjuluk El Submarino Amarillo untuk menuntaskan misi tersebut dengan permainan yang sudah baik sekarang ini.

Poin
1 Villarreal 9
2 Maccabi Tel Aviv 6
3 Sivasspor 3
4 Qarabag 0

 

Matchday 4
Granada vs Omonia Nicosia
AZ Alkmaar vs Real Sociedad
Maccabi Tel Aviv vs Villarreal

 

Matchday 5
Granada vs PSV Eindhoven
Real Sociedad vs Rijeka
Sivasspor vs Villarreal

 

Matchday 6
PAOK Thessaloniki vs Granada
Napoli vs Real Sociedad
Villarreal vs Qarabag