Kiprah Jacksen F. Tiago bersama Barito Putera berakhir seiring rangkaian hasil minor di awal musim Liga 1 2019. Mantan pelatih timnas Indonesia ini pun sempat memutuskan vakum dari dunia persepakbolaan. Namun apa daya, cinta lamanya di belahan timur Indonesia bernama Persipura Jayapura dalam kondisi sekarat. Mengendap di papan bawah kompetisi yang tahun ini disponsori oleh salah satu belanja daring terkemuka, Shopee.

Terjalinnya kembali ikatan antara Persipura dan Jacksen menjadi penyejuk yang mengangkat performa tim. Tercatat dalam lima laga yang sudah dijalani bersama, Mutiara Hitam berhasil memenangkan 4 pertandingan. Zona merah pun sudah ditinggalkan.

Sebenarnya, Jacksen bukanlah pelatih bertipikal mengusung permainan defensif. Namun melihat boroknya pertahanan Mutiara Hitam, mau tak mau dia membenahi lini belakang. Hasilnya pun sejauh ini mujarab. Namun tetap perlu diperhatikan, bek-bek yang kerap menjadi starter sudah melewati usia 30 tahun. Yustinus Pae (36 tahun), Ricardo Salampessy (35 tahun), Anis Tjoe (34 tahun) serta legiun asing, Andre Riberio (31 tahun).

Sebelum kehadiran Jacksen (di ajang Liga 1 2019)
Jumlah Pertandingan Jumlah Kebobolan Rasio
7 Pertandingan 13 gol 1,86%
Setelah kehadiran Jacksen (hingga pekan 14 Liga 1 2019)
Jumlah Pertandingan Jumlah Kebobolan Rasio
5 pertandingan 2 gol 0,4%

 

Tradisi menggunakan jasa pemain belia lokal tetap dilanjutkan Jacksen. Kali ini talenta lokal yang diasah diantaranya Rivaldo Todd Ferre, M. Tahir, dan Ronaldo Wanma. Bersiap menjadi generasi terbaru yang membanggakan Persipura.

Setidaknya ini menjadi penyegaran skuad yang sekarang banyak dihuni pebola berkategori veteran. Pemain yang diandalkan Jacksen pada periode pertama melatih Persipura seperti Boaz Solossa, Ricardo Salampessy dan Yustinus Pae sudah memasuki masa penghujung karir. Para senior ini masih dipertahankan Jacksen untuk membimbing youngster di kesebelasan berjuluk Mutiara Hitam.

Kesembuhan dari krisis yang ditunjukkan Persipura saat ini selanjutnya akan mendapat ujian di tanah pulau Kalimantan. Meladeni perlawanan Borneo FC (19/8) dan Barito Putera (23/8). Kendati tidak mudah, kans untuk mencuri poin masih terbuka.

Kesolidan yang dipertontonkan Persipura Jayapura saat ini, menimbulkan optimisme yang tinggi untuk bisa kembali meramaikan papan atas. Apalagi sekarang belum separuh jalan Liga 1 2019. Keyakinan untuk terus menanjak kini sudah dimiliki segenap elemen tim Mutiara Hitam.