Gagal mendapat kemenangan di kandang menjadi sebuah kerugian. Itulah yang dialami Persija Jakarta di pekan 8 Liga 1 2019. Satu poin yang dipetik dari laga tandang patut menjadi kelegaan. Persib Bandung amat bersyukur atas hasil tersebut.

Terinspirasi dari Five Things yang dibuat Squawka, berikut Lima Catatan Master dari pertemuan pertama Persija Jakarta dan Persib Bandung di Liga 1 2019.

Persib kembali bikin gol di markas Persija
Terakhir kali Persib mencetak gol ke gawang Persija saat berstatus sebagai tim tamu yakni pada Agustus 2013 dalam ajang Liga Super Indonesia. Melalui Sergio Van Dijk sehingga membuat pertandingan berakhir sama kuat dengan skor 1-1.

Pelatih asing Persija di debut melawan Persib
Julio Banuelos mengikuti jejak pelatih asing Persija Jakarta lain seperti Stefano Cugurra, Paulo Camargo, Arcan Iurie yang tak meraih kemenangan di partai pertama melawan Persib Bandung. Kebetulan hasil akhir dari pertandingan tersebut yakni imbang.

Tanpa pemain lokal di papan skor
Marko Simic dan Artur Gevorkyan berpredikat sebagai pemain asing. Ini berarti, sejak Juli 2017, belum ada lagi pemain-pemain lokal yang dapat mencetak gol di pertandingan antara Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Banyak pemain uzur
Dari susunan pemain starter yang ditampilkan kedua klub, rata-rata umurnya melebihi angka 29. Persija Jakarta dengan 29,36 tahun, sedangkan Persib Bandung dengan 29,54 tahun. Dari 22 pemain inti tersebut, setengahnya sudah berusia diatas 30 tahun.

Nuansa Eropa di Persija vs Persib
Untuk pertama kalinya dalam sejarah pertemuan Persib Bandung dan Persija Jakarta, dimainkannya tiga pebola berkebangsaan dari negara benua Eropa. Marko Simic (Kroasia), Bojan Malisic (Serbia), Rene Mihelic (Slovenia). Jumlah ini bisa bertambah andai Steven Paulle (Prancis) bisa ikut bertanding.