Mendekati pertandingan antara Lazio dan Sampdoria yang berlangsung giornata 4 Serie A 2020/21, Kesebelasan Amatir telah membuat lima laga lawas antar kedua tim tersebut yang telah dirangkum.

Coppa Italia 2008/09: Lazio 1-1 Sampdoria (adu penalti 6-5)
Tak ada yang menyangka bahwa final Coppa Italia musim tersebut akan mempertemukan Lazio dan Sampdoria. Semi-finalis lain yakni Juventus dan Inter yang lebih diunggulkan sebenarnya. Kala itu Il Samp memiliki duet penyerang mematikan yakni Giampaolo Pazzini dan Antonio Cassano. Sementara I Biancocelesti mengandalkan trisula lini depan Goran Pandev, Tommaso Rocchi dan Mauro Zarate.

Jalannya pertandingan berlangsung alot. Hingga 120 menit dilewati, masing-masing klub mencetak 1 gol. Adu penalti menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara. Pada giliran penendang ketujuh gelandang Lazio, Ousmane Dabo sukses memasukkan bola. Sementara Hugo Campagnaro dari kubu Sampdoria gagal mengeksekusi penalti menjadi gol.

Gelar yang berarti bagi Lazio. Dan dipersembahkan untuk para fans yang sudah mendukungnya. Terutama untuk mendiang Gabriele Sandri yang tewas dalam bentrok suporter pada musim sebelumnya. Sayangnya setelah partai final tersebut, terdapat keributan kecil antar suporter dan pihak keamanan.

Serie A 2016/17: Lazio 7-3 Sampdoria
Kala itu Lazio tengah dalam persaingan untuk merebutkan tiket menuju Liga Champions pada musim berikutnya. Partai giornata 35 menjadwalkan kesebelasan Elang Ibukota Italia tersebut menghadapi Sampdoria.

Sejak awal laga, dominasi Lazio sudah terlihat karena menit 2 sudah berhasil menjebol gawang lawan. Ditambah kartu merah yang diraih bek muda Sampdoria, Milan Skriniar pada menit 18. Babak pertama ditutup dengan skor 5-1 untuk keunggulan I Biancocelesti. Kemudian masing-masing tim menambah 2 gol pada babak kedua, sehingga menutup pertandingan dengan skor 7-3.

Serie A 2018/19: Lazio 2-2 Sampdoria
Baik Lazio dan Sampdoria saat itu bermukim di papan tengah klasemen sementara. Tak ayal, ketika mereka dipertemukan, target meraih kemenangan diapungkan agar bisa merangsek ke papan atas. Pertandingan kedua tim berlangsung pada giornata 15.

Setelah sama-sama mencetak satu gol, nampaknya partai ini akan berakhir dengan skor 1-1. Namun memasuki menit akhir terjadi drama. Pemain Il Samp, Bartosz Bereszynski menerima kartu merah dan Lazio mendapat hadiah penalti. Kemudian sepakan 12 pas tersebut sukses dikonversi menjadi gol oleh Ciro Immobile. Dan menjelang peluit akhir pertandingan berbunyi, secara mengejutkan Riccardo Saponara yang baru dimainkan pada babak kedua berhasil mencetak gol dan menyelamatkan Sampdoria dari kekalahan.

Serie A 2009/10: Sampdoria 2-1 Lazio
Pekan 27 Serie A 2009/10 mempertandingkan antara Lazio dan Sampdoria. Posisi keduanya saat itu terpaut jauh. Zona merah menjadi hunian akrab I Biancocelesti, sementara Il Samp tengah bersaing memperebutkan posisi enam besar.

Lazio boleh saja mencetak gol terlebih dahulu di partai ini. Namun tak bertahan lama, Il Samp langsung membalikkan keadaan sehingga babak pertama ditutup dengan papan skor 2-1 milik tuan rumah. Kartu merah yang diterima pemain Lazio, Mauro Zarate menambah derita I Biancocelesti. Hasil akhir pertandingan tetap dengan skor 2-1 yang memberikan tiga poin bagi Sampdoria.

Serie A 2006/07: Sampdoria 2-0 Lazio
Pada musim 2006/07, Lazio merupakan salah satu klub pesakitan akibat skandal Calciopoli. Kemudian jadwal giornata 8 mengharuskan Lazio bertandang ke markas Sampdoria. Babak pertama berlangsung imbang tanpa ada gol yang tercipta. Berlanjut ke babak kedua, 2 gol bisa dicetak tuan rumah. Sementara I Biancocelesti memperoleh 2 kartu merah yang diterima Guglielmo Stendardo (menit 71) dan Goran Pandev (menit 92).