Mendekati pertandingan antara Villarreal dan Valencia yang berlangsung jornada 6 La Liga 2020/21, Kesebelasan Amatir telah membuat lima laga lawas antar kedua tim tersebut yang telah dirangkum. Sebagai tambahan informasi, pertemuan antara Villarreal kontra Valencia dilabeli dengan predikat Derbi de la Comunitat.

UEFA Cup 2003/04: Valencia 1-0 Villarreal
Untuk pertama kalinya Derbi de la Comunitat berlangsung di kompetisi antar klub tingkat Eropa. Villarreal dan Valencia berhasil masuk babak semi-final Piala UEFA (Sekarang menjadi Europa League) musim 2003/04. Persaingan kedua klub bertambah panas suhunya karena ambisi melaju ke partai puncak turnamen.

Pada leg pertama sebelumnya di kandang Villarreal, hasil akhirnya adalah 0-0. Sehingga bisa dikatakan peluang kedua tim belum tertutup untuk masuk final. Valencia sedang kuat-kuatnya saat itu, dengan jeli Rafael Benitez selaku entrenador membuat kolektivitas menjadi senjata utama Pablo Aimar cs. Sedangkan Villarreal disebut-sebut kuda hitam yang tangguh berkat sepak terjangnya, bermodal Juan Roman Riquelme dan Sonny Anderson yang menjadi kunci permainan tim.

Markas dari Valencia, Stadion Mestalla menjadi arena pertarungan berikutnya untuk leg kedua. Tuan rumah sudah unggul lewat gol penalti Mista. Kemudian gol tersebut memicu kedua tim agar menguasai tempo pertandingan. Sayangnya Villarreal gagal memanfaatkan sejumlah peluang untuk menambah angka. Skor akhir pertandingan 1-0 untuk Los Ches. Dan pada akhir turnamen tersebut, jawara Piala UEFA 2003/04 adalah Valencia.

 

 

La Liga 2007/08: Valencia 0-3 Villarreal
La Liga baru memulai pekan pertamanya untuk musim 2007/08 salah satunya dengan menyajikan duel antar Villarreal dan Valencia. Bermain di kandang sendiri seharusnya dapat dimaksimalkan Los Ches untuk raih poin perdana. Apa lacur, tim tamu yang malah berhasil merebut poin absolut.

Valencia bermain amat buruk pada pertandingan tersebut. Kartu merah pun diterima David Villa dan Joaquin Sanchez. Itu juga didapat bukan karena melakukan pelanggaran kontak fisik antar pemain yang keras, melainkan ada unsur diving dan emosi berlebihan kepada pengandil pertandingan.

La Liga 2016/17: Valencia 1-3 Villarreal
Demi menuntaskan misi finis di zona kompetisi Eropa pada musim selanjutnya, Villarreal harus bisa meraih kemenangan di pekan 38 La Liga 2016/17. Lawan yang dihadapi yakni Valencia beserta teror dari pendukungnya.Karena partai ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Mestalla.

Pertandingan baru berjalan sekitar 1 menit, Villarreal sudah bisa menjebol gawang lawan lewat sang mantan striker andalan Valencia, Roberto Soldado. Sempat disamakan kedudukan oleh gol Luis Nani. Sayangnya kubu tim tamu dapat menambah dua gol lagi. Sehingga menutup pertandingan dengan kemenangan penting dan mengunci klasemen akhir di posisi kelima.

Europa League 2018/19: Villarreal 1-3 Valencia
Babak 8 besar Europa League 2018/19 mempertemukan antara Villarreal dan Valencia. Kemudian untuk menuju semi-final, mereka harus saling beradu kekuatan. Dengan materi pemain yang seimbang, diyakini Derbi de la Comunitat di ajang Eropa ini akan berlangsung alot.

Villarreal berkesempatan menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Sayangnya leg pertama tersebut berakhir mengecewakan bagi El Submarino Amarillo. Nampaknya pertandingan akan menunjukkan hasil imbang 1-1. Namun sayangnya petaka di injury time babak kedua karena Valencia bisa menambah dua gol. Sehingga bisa pulang dan siap menjalani leg berikutnya bermodal 3 gol tandang.

La Liga 2011/12: Valencia 1-0 Villarreal
Pada jornada 37 La Liga 2011/12, Derbi de la Comunitat dijadwalkan akan dipertandingkan. Saat itu situasi yang dialami kedua klub amat timpang. Valencia seakan sudah mengunci posisi tiga besar klasemen. Sedangkan Villarreal tengah berjuang menghindari ancaman degradasi. Tapi sayangnya skor akhir 1-0 yang menjadi milik Los Ches. Dan hasil tersebut turut berkontribusi atas pencapaian tenggelamnya El Submarino Amarillo ke Divisi Segunda.