Bagi penggemar permainan fantasy football, mungkin MLS Fantasy masih asing didengar oleh banyak para penggiat fantasy football khususnya di Indonesia. Mungkin game ini memang tidak sepopuler Fantasy Premier League (FPL) dikarenakan kurangnya antusiasme terhadap liga Amerika yang di cap sebagai liga orang tua atau dapat dibilang liga tempat para pemain yang sudah melewati masa emas untuk menghabiskan sisa karir di negeri “Paman Sam” tersebut. Selain itu tidak banyak orang juga yang mengenal pesepakbola yang mengolah si kulit bundar disana.

Tapi mungkin dengan bermain game ini bisa saja jadi ajang pengenalan untuk pemain-pemain yang merumput di MLS. Selain itu game ini juga bisa mengisi waktu kita bagi para pencinta gim fantasy football disaat liga-liga eropa nanti sudah memasuki periode akhir musim di bulan Mei. MLS Fantasy bisa mengisi waktu di bulan Juni hingga Agustus yang notabene-nya liga Eropa sedang memasuki masa libur dan tenggat transfer musim panas, dan MLS sendiri baru mulai bulan Maret 2019 dan berakhir di bulan Oktober 2019 mendatang.

Oke, langsung saja berikut cara dan peraturan permainan MLS Fantasy 2019:

1.) Pertama bisa langsung ke web di fantasy.mlssoccer.com atau bisa download melalui Google Play atau App Store. Dan pilih register terlebih dahulu.

2.) Kemudian pilih 15 pemain dengan budget yang telah ditentukan ($100M).
15 Pemain tersebut harus terdiri dari :
• 2 kiper
• 5 bek
• 5 gelandang, dan
• 3 penyerang

3.) Tiap pekannya kita mendapatkan free wildcard atau bebas mengganti keseluruhan pemain tanpa pengurangan poin. Selain itu kita hanya boleh memilih 3 pemain dari satu klub yang sama.

4.) Kapten hanya dapat diganti kalau pemain tersebut belum bermain.
Contoh: Kapten kita Lodeiro yang main di hari minggu kita masih bisa menggantinya ke Vela yang bermain di hari senin dengan persyaratan timnya Lodeiro belum melakukan kick-off.

5.) Kita bisa melakukan transfer dan pergantian pemain kapan pun selagi pertandingan berlangsung dikenal dengan istilah Rolling Lockout (Khusus untuk pemain yang belum memulai pertandingan).

6.) Pergantian pemain dapat dilakukan secara otomatis dan manual, untuk manual hanya berlaku khusus pemain yang belum bertanding. Pemain yang sudah bermain tidak dapat diganti, baik pemain tersebut ada di starting eleven ataupun di bench.

7.) Pemain yang tidak bermain semenit pun akan diindikasikan sebagai DNP (Did Not Play), kemudian pemain yang tidak ada jadwal bertanding (Blank GW) diindikasikan sebagai BYE. Pemain DNP dan BYE tersebut secara otomatis akan tergantikan oleh poin pemain yang ada di bench. Poin yang di ambil pun juga berdasarkan pemain dengan poin tertinggi di bench jadi kita tidak perlu repot mengatur susunan bangku cadangan kita.
Catatan: Pemain DNP tidak bisa diganti, sedangkan pemain BYE bisa diganti ke pemain yang belum bermain (baca poin nomor 5).

8.) Perhitungan Poin
Hampir mirip dengan FPL, tapi selain itu perhitungan poin MLS Fantasy merujuk kepada statistik tiap pemain. Kemudian tiap pemain juga mendapatkan bonus tambahan untuk setiap aksinya (baik menyerang ataupun bertahan). Untuk melihat perhitungan poinnya bisa dilihat di bagian point scoring melalui portal fantasy.mlssoccer.com.

Mungkin sampai sini saja pembahasan mengenai MLS Fantasy, semoga peminatnya di Indonesia makin bertambah. Dan jangan lupa Gameweek 1 MLS Fantasy 2019 dimulai minggu ini tanggal 3 Maret 2019 jam 01.00 WIB.

Hanya pecandu Fantasy Football biasa.

Dengan akun twitter @Whitesworn.