Dua klub teras liga Inggris dari kota Manchester sama-sama kandas perjalanannya di Liga Champions pada fase perempat-final. Manchester United dihajar Barcelona dengan agregat skor 0-4. Sementara Manchester City sama kuat dengan Tottenham Hotspur yang agregat skornya 4-4, hanya saja kalah agresif di laga tandang.

Tidak mampu menjaga permainan dengan konsisten di dua pertemuan menjadi salah satu penyebab dari nahasnya nasib duo Manchester. United yang tampil dengan penuh tekanan agresif pada leg satu, malah tampil loyo di leg dua. Sehingga Barcelona yang menjadi lawannya bisa tampil lebih dominan. City yang tampak bingung merancang serangan di partai pertama, bisa memperbaiki permainan ofensifnya di partai kedua. Kendati begitu, Tottenham bisa lolos dengan keuntungan gol tandang.

Selain itu, beberapa kesalahan yang dilakukan pemain-pemain di atas lapangan menjadi penambah derita. Dibalik terbantainya United di Camp Nou, kegagalan Young membersihkan wilayahnya dengan baik dan tangkapan kiper De Gea yang meleset berbuah gol pertama dan kedua Barcelona. Sementara dari kubu City, terdapat andil kesalahan salah satu bek tengahnya Laporte dalam dua gol awal Spurs di Etihad Stadium.

Usai tersingkir dari percaturan kontes antar kesebelasan Eropa, baik United dan City akan lebih fokus mengarungi sisa musim 2018/19 di kompetisi lokal. Sergio Aguero cs masih ada peluang meraih gelar juara Premier League dan FA Cup. Lain hal dengan The Red Devils yang berupaya finis di area empat besar liga agar dapat mengikuti Liga Champions musim depan.

Jadwal laga tunda derbi Manchester terhelat pada Rabu, 24 April 2019. Baik dari United dan City tak ingin meneruskan kesialan yang didapat dari Liga Champions. Maka masing-masing manajer tim, Ole Gunnar Solskjaer dan Pep Guardiola akan saling menyiapkan formula ampuh demi kemenangan.

Sebelum melakoni pertarungan sekota, City akan menjamu Spurs dan United away ke kandang Everton. Tentu bukan laga yang mudah sehingga pemanfaatan stamina bisa menjadi pembeda. Mana yang lihai mengatur kebugaran pemainnya diyakini bisa tersenyum lebar di akhir pertandingan derbi Manchester nanti.