Memasuki musim baru, sudah sewajarnya banyak kesebelasan melakukan perekrutan pemain. Dari sekian banyaknya berita seputar transfer, ada yang masih melibatkan penjaga gawang yang sudah berkepala empat usianya. Atas dasar pengalaman dan punya back-up yang memadai, tindakan mengontrak kiper veteran menjadi hal yang lumrah.

Salah satu kiper tersohor Italia, Gianluigi Buffon masih belum memutuskan pensiun. Setelah musim lalu membela Paris Saint-Germain, gencar pemberitaan bahwa dia akan kembali perkuat klub masa mudanya, Parma. Isu teranyar, Buffon menyatakan minatnya untuk berlabuh ke Porto yang baru saja ditinggal Iker Casillas.

 

Pemberitaan yang tak jauh beda dialami juga oleh Stefano Sorrentino yang sudah berusia 40 tahun. Kerap tampil mengesankan di musim lalu, dia gagal mempertahankan Chievo Verona tetap berpartisipasi di Serie A. Torino yang merupakan klub pertama yang diperkuatnya mengawali karir profesional diberitakan akan segera merekrutnya.

Berkiprah di Crystal Palace sejak tahun 2004, pada pertengahan tahun ini Julian Speroni mengakhiri pengadbiannya. Dengan usia yang genap 40 tahun pada Mei kemarin, belum menyurutkan niat gantung sarung tangan. Belakangan dia aktif mengajari anak-anak muda untuk terampil menjaga gawang.

Cukup banyak pemain sepak bola menjalani karir profesional di lapangan hijau dengan umur yang melewati angka 40. Kebanyakan dari mereka berposisi sebagai penjaga gawang. Salah satunya ialah kiper kawakan dari Mesir, Essam El-Hadary yang merumput sampai saat ini dengan usia 46 tahun.