Peringkat pertama dan kedua Serie A musim ini sudah pasti dihuni oleh Juventus dan Napoli. Sementara untuk pos ketiga dan keempat masih belum bisa dipastikan klub mana yang akan mengakhiri kompetisi di zona yang merebut tiket mentas di ajang Liga Champions 2019/20. Secara matematis, menengok pada klasemen sementara sampai giornata 37 rampung masih ada empat tim yang berpeluang. Yakni, Atalanta, Inter Milan, AC Milan, AS Roma.

Tak pelak, persaingan pun akan sengit di pekan terakhir Serie A 2018/19. Pada giornata 37, Atalanta berhasil mencuri satu poin penting dari markas Juventus. Sehingga bisa menggeser Inter Milan yang terbantai oleh Napoli. AC Milan berhasil memanfaatkan laga kandang terakhirnya dengan memenangi pertandingan melawan Frosinone. AS Roma yang imbang menghadapi Sassuolo membuat kans finis di empat besar sangat tipis.

Kenapa bisa dibilang seperti itu? Nasib Edin Dzeko cs amat ditentukan oleh hasil-hasil yang didapat pesaingnya. Biar pada giornata 38 Roma bisa menaklukkan Parma, tapi kalau para kompetitor empat besar lainnya bisa menambah poin, maka gagal ambisi yang diusungnya. Bagaimana jika Roma menang kemudian kekalahan dialami Atalanta, Inter, Milan? Secara perolehan poin, I Lupi akan sama dengan Duo tim Biru-Hitam sejumlah 66 poin. Tapi berdasarkan head-to-head, Roma tidak bisa menggungguli Inter di dua pertemuan musim ini. Beradu dengan Atalanta, hasil imbang 3-3 didapat di dua pertemuan musim ini, namun untuk urusan selisih gol, Roma tertinggal.

Memang saat ini, Atalanta dan Inter dalam posisi terdepan untuk mengakhiri musim di zona empat besar. Kedua tim yang sama-sama mengenakan kostum utama warna biru-hitam. Di giornata 38, baik Atalanta maupun Inter melakoni laga kandang. Lawan yang dijumpai Duvan Zapata dkk yaitu Sassuolo, tim papan tengah. Lain hal dengan Samir Handanovic beserta kolega yang akan menghadapi Empoli, yang sedang mengamankan diri dari ancaman degradasi.

AC Milan yang poinnya selisih satu angka dari Duo Biru-Hitam bersiap mencuri celah. Bermain away ke markas SPAL, anak asuh Gennaro Gattuso siap mati-matian bertanding mengejar kemenangan. Jika misi tiga poin tercapai, lalu Atalanta atau Inter hanya bisa menambah 1 poin atau bahkan kalah dari lawannya, maka Il Diavolo Rosso kembali tempur di Liga Champions musim depan.

Hitung-hitungan tak selamanya mudah, bahkan bisa teramat rumit. Apalagi kita tak tahu bagaimana yang akan terjadi sesuai ketentuan yang mengatur kehidupan. Atalanta, Inter, Milan, Roma harus bermain sampai titik darah penghabisan di pekan pamungkas Serie A musim. Demi melegakan segenap insan yang mendukungnya. Jadi, siapakah yang akan menemani Juventus dan Napoli untuk menjadi duta Italia di Liga Champions 2019/20?