Bursa penyandang predikat Capocannoniere Serie A 2018/19 sedang panas-panasnya. Sekarang, ada empat nama yang diunggulkan menjadi pencetak gol terbanyak kasta teratas liga Italia musim ini. Sedari awal bergulir kompetisi, banyak pengamat yang meyakini Cristiano Ronaldo yang memperkuat Juventus akan mudah menjadi top skor. Kendati baru musim ini pertama kalinya megabintang dari Portugal merasakan kerasnya persaingan di negara juara empat kali World Cup tersebut.

Akan tetapi, nuovo attaccante lain yaitu Krzysztof Piatek yang merupakan rekrutan anyar Genoa dan pada pertengahan musim hijrah ke AC Milan tak mau ketinggalan unjuk gigi. Duvan Zapata yang menjalani musim ke-enam di Serie A bersama Atalanta saat ini tengah menanjak penampilannya. Dari kubu striker lokal, ada nama veteran yakni kapten tim Sampdoria, Fabio Quagliarella.

Selain empat nama yang disebutkan, masih ada Arkadiusz Milik dari Napoli dan striker Empoli, Francesco Caputo. Namun keduanya harus benar-benar on fire di lima giornata terakhir agar bisa meramaikan persaingan Capocannoniere Serie A musim ini.

Bagaimana peta kekuatan dalam persaingan perebutan gelar top skor Serie A 2018/19?

Fabio Quagliarella – 22 gol

Musim lalu, Quagliarella mengemas 19 gol dari 35 caps Serie A. Di musim ini sampai giornata 33, koleksi golnya meningkat. Salah satu kelemahan dari eks striker Torino dan Napoli tersebut yakni berurusan dengan siasat offside. Berdasarkan catatan Whoscored, Quagliarella sudah 30 kali terkena offside. Tertinggi kedua setelah Ciro Immobile sebanyak 39 kali.

Krzysztof Piatek – 21 gol
Baik di Genoa maupun AC Milan, ketajaman Piatek tetap terjaga. Berkat gaya mainnya belum terbaca secara detail oleh sebagian lawan-lawannya. Sehingga penyerang yang mulai diandalkan timnas Polandia ini bisa leluasa untuk menemukan cara mencetak gol. Sayangnya sekarang dia belum berkesempatan menjadi pilihan utama AC Milan dalam urusan eksekusi bola mati.

Duvan Zapata – 21 gol
Ketajaman Duvan Zapata terlihat moncer pada laga tandang. Sejauh ini sudah 14 gol diciptakannya di partai away. Tapi dari lima giornata tersisa, Atalanta akan melawat ke markas Lazio dan Juventus. Tiga pertandingan lain di kandang harus dimanfaatkan guna menambah koleksi golnya mumpung menghadapi tim semenjana yakni Udinese, Genoa, Sassuolo.

Cristiano Ronaldo – 19 gol
Tabungan gol Ronaldo tidak stabil bertambahnya dikarenakan kebijakan rotasi pemain dari pelatih Juventus dan juga dampak skorsing bermain. Namun bukan berarti CR7 tak bisa mengejar perolehan gol pesaing-pesaingnya. Sebab dia lebih baik perihal mental dalam beradu torehan gol berbekal pengalaman saat di Manchester United dan Real Madrid.