Saat ini Persib Bandung mengalami krisis di pos penjaga gawang. Kiper inti, M. Natshir mendapat cedera yang serius kala melawan Persija Jakarta. Begitu pula deputinya, I Made Wirawan yang ikut menepi karena cedera pula di partai versus Bali United. Sehingga menyisakan Aqil Savik yang merupakan andalan timnas U-19. Dengan kompetisi yang masih panjang, wajar bila klub berjuluk Pangeran Biru ini berhasrat merekrut pemain baru untuk mengantisipasi kekurangan personil penjaga gawang.

Dalam persepakbolaan Indonesia, memakai jasa kiper asing bukan termasuk hal yang tabu. Meski tidak banyak kesebelasan-kesebelasan yang mempercayakan gawangnya kepada legiun mancanegara. Bekas rival Jawa Barat Persib Bandung, Pelita Bandung Raya kala menjalani ISL 2013/14 tampil tokcer berkat ketangguhan kiper berpaspor Latvia, Denis Romanovs.

Romansa antara Persib Bandung dengan kiper asing pernah terjalin pada jaman LI XII tahun 2006 dan ISL musim 2009/10. Kehadiran Sinthaweechai Hattairattanakool yang berkebangsaan Thailand berhasil membuat ketenangan dalam pola bertahan tim. Dan para Bobotoh pun menyukai permainan dari penjaga gawang dengan nama pendek Kosin tersebut.

Bursa perburuan kiper Persib Bandung kali ini pun tak menutup kemungkinan memboyong warga negara asing (WNA). Yang ramai diperbincangkan dalam media sosial yakni Jacopo Viola. Penjaga gawang kelahiran Luxemburg yang merupakan lulusan akademi AC Milan. Namun jatah pemain asing yang dimiliki Pangeran Biru sudah terpenuhi empat pemain. Ini berarti bisa ada yang dicoret dari skuad antara Bojan Malisic, Ezechiel N’douassel, Rene Mihelic, Artur Gevorkyan.

Sementara dari nama-nama lokal, harus diakui memang sulit mengambil kiper utama dari sesama klub Liga 1 2019. Tapi masih ada para penjaga gawang yang bukan pilihan utama di timnya tapi memiliki kualitas mumpuni. Jawaban dari pencarian kiper baru Persib Bandung akan terlihat begitu jendela transfer tahap kedua dibuka.

Wahyu Tri Nugroho

Wahyu Tri Nugroho

Bhayangkara FC

 

Bermain di Liga 1 2019: 1 pertandingan

Memiliki pengalaman bermain untuk timnas Indonesia.

Abdul Rohim

Abdul Rohim

Persebaya Surabaya

 

Bermain di Liga 1 2019: 2 pertandingan

Cakap dalam menghadapi situasi tendangan penalti.

Samuel Reimas

Samuel Reimas

Bali United

 

Bermain di Liga 1 2019: belum pernah

Musim lalu tampil mengesankan bersama Perseru Serui.

*Hingga Liga 1 2019 pekan 13