Tanah sepak bola Inggris belum ramai diisi oleh pesepakbola berkebangsaan Paraguay. Di altar persaingan zona Amerika Selatan, Paraguay acapkali merepotkan tiga kekuatan tradisional yakni Brasil, Argentina dan Uruguay. Sampai saat ini, tercatat sudah ada delapan pemain dengan paspor Paraguay, pernah merumput di arena Premier League.

Nama pertama yang tiba di Inggris adalah Diego Gavilan. Direkrut Newcastle United dari klub kenamaan Paraguay, Cerro Porteno pada awal musim 1999/00. Jumlah penampilan Diego Gavilan di Premier League bersama Newcastle hanya mencapai 7 caps. Dia pun sering dipinjamkan ke klub lain, sampai akhirnya dilepas pada musim panas tahun 2004.

Nama kedua pemain berkebangsaan Paraguay yang bergabung dengan klub Premier League yakni Roque Santa Cruz. Demi mendapat banyak menit bermain, ia rela meninggalkan gemerlapnya Bayern Muenchen untuk kemudian bergabung dengan Blackburn Rovers per musim 2007/08. Dua musim yang mengesankan di Ewood Park,  striker yang kala itu menjadi andalan timnas Paraguay hijrah ke Manchester City. Sayang kehadirannya tak mampu memenuhi ambisi besar klub sehingga tercelat dari Inggris.

Paulo Da Silva menjadi pesepakbola Paraguay berikutnya yang mentas di Premier League. Bergabung dengan Sunderland pada pertengahan tahun 2009. Setahun berselang Sunderland kembali merekrut pemain timnas Paraguay lain yakni Cristian Riveros. Keduanya tak bertahan lama di klub berjuluk The Black Cats tersebut, karena dilepas pada tahun 2011.

Antolin Alcaraz berhasil menobatkan diri sebagai pesepakbola Paraguay pertama yang berhasil meraih trofi juara di Inggris bersama klubnya. Memperkuat Wigan Athletic sejak tahun 2010, ia turut berperan penting dalam pencapaian The Latics menjadi kampiun Piala FA 2012/13. Lalu mengikuti langkah sang manajer, Roberto Martinez pindah ke Everton pada awal musim 2013/14. Sayangnya dia tak mampu meyakinkan klub dan dilepas begitu musim 2014/15 selesai.

Pemain kelahiran Argentina yang naturaliasi menjadi warga negara Paraguay, Juan Iturbe mencoba peruntungan di Premier League pada pertengahan musim 2015/16. Namun dia hanya mampu mencatat dua caps di liga bersama Bournemouth. Fabian Balbuena yang bergabung dengan West Ham United sejak musim 2018/19 masih bertahan sampai sekarang. Kerap mendapat kepercayaan sejak menit pertama mengawal pertahanan The Hammers.

Miguel Almiron yang memukau di MLS bersama Atlanta United, melanjutkan karirnya di Inggris dengan menerima pinangan Newcastle United di bursa transfer kedua musim 2018/19. Dia pun sering berkesempatan menjadi pemain inti. Dan pada musim ini, hingga sekarang telah tampil sebanyak 28 pertandingan di Premier League.

Tugas menjaga citra pesepakbola Paraguay di Premier League bersandar pada Fabian Balbuena dan Miguel Almiron. Keduanya sama-sama sering diandalkan timnas Paraguay saat ini. Terlebih Miguel Almiron yang saat ini berseragam Newcastle United, yang sedang dalam gairah tinggi usai berganti kepemilikan klub.