Tahap yang kedua dari Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 dengan pembahasan perkiraan klub yang akan bertarung di area papan tengah tabel klasemen.

Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 ini dibagi tiga tahap. Tahap pertama yakni untuk zona tujuh besar. Tahap yang kedua untuk area papan tengah. Sedangkan tahap ketiga mengenai persaingan degradasi.

Fiorentina

Sejak era Rocco Commisso sebagai pemilik klub, per Juni 2019, Fiorentina belum dapat mengakhiri Serie A dengan masuk ke papan atas. Kesebelasan yang berjuluk La Viola ini telah menunjuk Vincenzo Italiano sebagai allenatore musim ini. Seputar transfer news yang melibatkan nama Dusan Vlahovic setidaknya bisa merecoki konsentrasi tim. Pemain bernomor punggung 9 ini mutlak tidak boleh hengkang agar Fiorentina bisa bersaing dengan klub-klub unggulan Serie A. Striker berkebangsaan Serbia tersebut berhasil menorehkan 21 gol di pentas liga pada musim lalu.

Hasil dari pra-musim : di Fiorentina, Vincenzo Italiano menggunakan pola formasi yang biasa dia gunakan yakni 4-3-3. Dengan strategi tersebut La Viola menorehkan hasil yang bagus di pre-season dengan tidak pernah kalah. Jumlah 31 gol yang dicetak dari pertandingan melawan empat klub yang berada dibawah levelnya dari Fiorentina yakni SV Ostermünchen, Foligno, Levico, Virtus Verona.

Pergerakan bursa transfer : Fiorentina mendatangkan Nicolas Gonzalez dari VfB Stuttgart dengan dana transfer 23,5 juta euro. Kehadiran winger yang tergabung dalam skuat Argentina yang menjuarai Copa America 2021 ini diharapkan memperkuat strategi La Viola yang memakai tridente. Bila Dusan Vlahovic ternyata angkat kaki, klub harus jeli mencari penggantinya.

Sampdoria

Jelang bergulir musim baru Serie A, Sampdoria masih belum menambah kekuatannya. Malah kesebelasan dengan nama pendek Il Samp ini terancam kehilangan pemain-pemain pentingnya. Mikkel Damsgaard yang bersinar di Euro 2020 bersama timnas Denmark dikabarkan menjadi incaran klub-klub liga Inggris diantaranya Tottenham Hotspur, Leeds United dan Aston Villa. Radar transfer pemain dari dua klub Skotlandia turut mengarah ke Stadion Luigi Ferraris. Jakub Jankto diincar Rangers dan Bartosz Bereszynski diminati Celtic.

Hasil dari pra-musim : dari dua laga pre-season yang diamati, Sampdoria dibawah arahan pelatih anyar, Robeto D’Aversa menggunakan pola formasi 4-2-3-1. Hasil yang diraih yakni menang 2-0 atas Piacenza dan mengalahkan Hellas Verona dengan skor 1-0. Jika para pemain inti tak ada yang hengkang, boleh jadi langkah Il Samp tidak akan berat melakoni kompetisi musim ini.

Pergerakan bursa transfer : lini depan sepertinya menjadi fokus dari Sampdoria untuk dibenahi. Sebagai antisipasi ketergantungan terhadap kapten tim, Fabio Quagliarella yang telah berumur 38 tahun. Penyerang dari Dynamo Kyiv, Vladyslav Supryaga dan Andrea Pinamonti dari Inter menjadi nama-nama yang dikaitkan dalam transfer news kali ini.

Hellas Verona

Klub yang menjuarai Serie A musim 1984/85 ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Musim lalu, Miguel Veloso dkk sanggup membuat kejutan dengan tidak kalah melawan Juventus dan Napoli di sepasang pertemuan liga. Posisi allenatore untuk musim ini ditempati oleh Eusebio Di Francesco, menduduki kursi yang ditinggalkan Ivan Juric. Kini dibawah asuhan eks pelatih AS Roma tersebut, Hellas Verona mencoba tampil lebih dinamis. Terlihat pada partai putaran pertama Coppa Italia 2021/22, Hellas Verona menang meyakinkan dengan skor 3-0.

Hasil dari pra-musim : sesi pra-musim kali ini dimanfaatkan Eusebio Di Francesco untuk menyesuaikan para pemain dengan strategi yang dirancangnya. Pakem taktik menggunakan tiga bek tengah masih dipakai. Hellas Verona memetik kemenangan pada saat melawan Modena (29/7). Klub berjuluk I Mastini takluk dengan skor satu gol tanpa balas kala bersua Sampdoria (7/8).

Pergerakan bursa transfer : menurut perhitungan dari transfermarkt.com, Hellas Verona sudah 21,5 juta euro yang dikeluarkan untuk memboyong pemain baru di masa bursa transfer awal musim ini. Ivan Ilic yang musim lalu dipinjam dari Manchester City, sekarang telah dibeli. Antonin Barak yang perkuat timnas Rep. Ceko di Euro 2020, direkrut dari Udinese.

Empoli

Kampiun Serie B musim 2020/21, Empoli melakukan Pergantian pelatih pada awal musim ini. Alessio Dionisi yang berjasa memberi tiket promosi telah pergi dengan menerima tawaran melatih di Sassuolo. Penggantinya yakni Aurelio Andreazolli yang sebelumnya pernah menangani Empoli sebanyak dua periode. Para pemain yang berstatus andalan tim masih bertahan di Stadion Carlo Castellani. Mengacu pada musim lalu, komposisi di lini belakang masih sering dirotasi. Hanya kapten tim, Simone Romagnoli yang mencatat lebih dari 30 caps di Serie B musim 2020/21.

Hasil dari pra-musim : Empoli melakoni pra-musim dengan bertanding melawan klub-klub Italia. Hasilnya berupa kemenangan atas Pontedera (28/7) dan Montecatini (31/7). Kemudian kalah saat meladeni sesama tim Serie A, Udinese (7/8). Aurelio Andreazolli memilih tidak merubah pakem permainan yang musim lalu sering dipakai yakni pola formasi 4-3-1-2.

Pergerakan bursa transfer : Lini depan semakin diperkuat dengan kedatangan Patrick Cutrone yang dipinjam dari Wolverhampton Wanderes. Sementara di area pertahanan, sampai sekarang sudah tujuh pemain baru hadir. Diantaranya ada Petar Stojanovic yang berstatus pemain timnas Slovenia dan Ardian Ismajli yang merupakan pemain timnas Albania.

Sassuolo

Dalam dua musim terakhir, Sassuolo mampu bertengger di urutan delapan tabel klasemen akhir Serie A. Roberto De Zerbi yang menjadi peracik strategi dibalik pencapaian tersebut kini telah hijrah ke Ukraina untuk melatih Shakhtar Donetsk. Klub dengan julukan I Neroverdi ini telah banyak diketahui orang-orang sebagai wadah yang tepat mendukung perkembangan talenta-talenta pebola yang masih muda. Giacomo Raspadori, Gianluca Scamacca dan Hamed Junior Traore menjadi nama-nama youngster Sassuolo musim ini yang layak diperhatikan kiprahnya.

Hasil dari pra-musim : Sassuolo meraih kemenangan atas Parma (1/8) dan Vicenza (7/8) dalam laga pre-season. Kemudian bermain sama kuat lawan Lazio dengan skor 1-1. Pada partai-partai tersebut, Alessio Dionisi tetap memakai pola formasi 4-2-3-1. Terkadang juga mencoba variasi permainan dengan pola formasi 4-3-1-2, karena didukung stok penyerang yang banyak.

Pergerakan bursa transfer : masa mercato kali ini Sassuolo kembali melepas pemain kuncinya. Marlon yang menjadi salah satu bek andalan Sassuolo telah mengikuti Langkah De Zerbi ke Shakhtar. Manuel Locatelli yang menjadi elemen penting permainan tim juga sudah berlabuh ke Juventus. Domenico Berardi sampai sekarang juga terus diberitakan akan hengkang.

Bologna

Musim lalu Bologna finis di peringkat 12 pada classifica Serie A. Sinisa Mihajlovic masih dipercaya untuk menjadi allenatore klub yang berjuluk I Rossoblu ini. Ujian yang dihadapi yakni segala keterbatasan dalam skuat yang ditanganinya. Tidak banyak melakukan bongkar pasang pemain dapat menjadi momentum bagi pelatih yang dipanggil dengan nama pendek Miha ini untuk mencoba memperbaiki grafik pencapaian Bologna. Sayangnya pada ajang Coppa Italia musim ini, Roberto Soriano cs telah tersingkir di fase pertama.

Hasil dari pra-musim : diketahui bahwa Bologna melakoni tiga pertandingan pra-musim dengan kemenangan melawan klub Italia yang bermukim di kasta bawah liga seperti Baglonese BM (18/7), FeralpiSalo (24/7), Pordenone (9/8). Sedangkan saat menghadapi kesebelasan dengan nama mentereng, I Rossublu tak berdaya. Kalah dari Dortmund (30/7) dan Liverpool (5/8).

Pergerakan bursa transfer : Marko Arnautovic berhasil direkrut Bologna. Kualitas yang diperlihatkannya di klub yang pernah dibelanya dan timnas Austria menjadi tambahan kekuatan yang baik bagi lini depan I Rossoblu. Tinggal bagaimana Bologna sanggup mempertahankan salah satu pemain yang menjadi andalan di lini belakang, Takehiro Tomiyasu agar tidak pindah ke klub lain.

Torino

Sejak berhasil finis di urutan 7 pada tabel klasemen Serie A 2018/19, Torino malah semakin menurun pencapaiannya. Dua musim terakhir Il Toro hanya bisa menempati peringkat 16 dan peringkat 17 pada classifica akhir. Permasalahan sumber gol Torino yang tidak lancar jika sang kapten, Andrea Belotti belum tampil maksimal atau tidak dapat bermain belum dapat teratasi. Pada putaran pertama Coppa Italia 2021/22, Il Toro bisa menang atas Cremonese via adu penalti setelah selama 120 menit waktu pertandingan tidak ada gol yang tercipta.

Hasil dari pra-musim : Torino tanpa kemenangan di tiga laga terakhir di pra-musim tahun ini. Imbang tanpa gol saat melawan klub dari Arab Saudi, Al-Fateh (27/7). Kalah saat away ke markas Rennes (31/7) dan kandang AZ Alkmaar (8/8). Dari tiga partai tersebut, Il Toro hanya bisa mencetak satu gol. Lini depan yang belum optimal ini harus segera ditemukan solusinya.

Pergerakan bursa transfer : rumor Andrea Belotti masih beredar pada mercato pertengahan tahun ini. Namun cedera yang didapat sang kapten saat pertandingan putaran pertama Coppa Italia 2021/22 lalu bisa saja menunda jalan keluarnya dari Torino. Sampai sekarang pemain terkenal yang sudah diboyong Il Toro yakni Etrit Berisha dari SPAL dan loan Marko Pjaca dari Juventus.