Tahap yang ketiga dari Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 dengan pembahasan seputar klub yang akan meramaikan persaingan degradasi.

Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 ini akan dibagi tiga tahap. Tahap pertama yakni untuk zona tujuh besar. Tahap yang kedua untuk area papan tengah. Sedangkan tahap ketiga mengenai persaingan degradasi.

Genoa

Musim ini target Genoa adalah finis dengan masuk di posisi sepuluh besar classifica Serie A. Situasi makin rumit bagi Davide Ballardini selaku allenatore karena daya tempur klub yang lahir tahun 1893 ini berkurang karena dilepasnya Eldor Shomurodov ke AS Roma dan kembalinya Gianluca Scamacca ke Sassuolo. Peran kedua pemain tersebut di lini depan menghasilkan total 16 gol dari 47 gol yang ditorehkan Genoa pada Serie A musim lalu.

Hasil dari pra-musim : dilihat dari partai persahabatan versus Mainz (31/7), pekerjaan rumah Genoa ada di sektor pertahanan. Dalam duel yang berlangsung empat babak dengan 30 menit per babak, Il Grifone seringkali melakukan kesalahan yang tidak perlu dalam menghadapi serangan lawan. Ini menjadi tanda peringatan supaya tidak kesusahan bersaing di Serie A 2021/22.

Pergerakan bursa transfer : Genoa aktif turun di masa mercato setelah mendapat pemasukan uang dari penjualan Eldor Shomurodov. Salvatore Sirigu yang berstatus tanpa klub berhasil direkrut. Kemudian meminjam Hernani dari Parma dan Zinho Vanheusden dari Inter. Pemain baru terkini yang diboyong yaitu bek timnas Meksiko di Olimpiade 2020, Johan Vasquez. Seputar transfer news dari Il Grifone kini topiknya ada mencari penyerang anyar.

Venezia

Venezia butuh waktu sekitar 20 musim untuk kembali merasakan panasnya persaingan Serie A. Kesebelasan dengan julukan Gli Arancioneroverdi tentu tak ingin sekadar numpang lewat saja. Venezia merupakan klub Italia yang sekarang dimiliki oleh perusahaan dari Amerika Serikat, VFC Newco 2020 LLC. Setelah berhasil promosi ke kasta teratas liga Italia, manajemen klub memberikan dukungan yang baik agar bisa tidak Kembali menjadi peserta Serie B.

Hasil dari pra-musim : sesi pra-musim dari Venezia dilakukan dengan melawat ke Belanda. Di negara yang terkenal dengan kincir angin tersebut, menjalani partai uji coba menghadapi Utrecht (31/7), Twente (3/8) dan Groningen (6/8). Dari tiga laga itu, Venezia tak mendapat kekalahan. Paolo Zanetti yang menjadi pelatih Gli Arancioneroverdi kerap memakai pola formasi 4-3-3.

Pergerakan bursa transfer : Venezia telah mengeluarkan uang sekitar 9 juta euro untuk merekrut dua talenta muda Amerika Serikat, Gianluca Busio dan Tanner Tessmann. Keduanya diboyong dari klub MLS, liga teratas negeri Paman Sam. Selain itu, Gli Arancioneroverdi meminjam Mattia Caldara dari AC Milan. Rumor transfer yang beredar akhir-akhir, Venezia dikaitkan dengan mantan pemain Juventus dan Parma, Sebastian Giovinco.

Cagliari

Kekuatan yang dimiliki Cagliari pada musim lalu kini semakin terkuras. Radja Nainggolan tak lagi berseragam klub berjuluk Gli Isolani. Nahitan Nandez dan Diego Godin dalam transfer news terus dikaitkan akan hengkang ke klub lain. Musim lalu Cagliari kerepotan untuk sekadar masuk papan tengah. Apalagi di musim ini, rasanya persaingan degradasi akan memenuhi pikiran Joao Pedro dan rekan setim.

Hasil dari pra-musim : untuk pre-season tahun ini, Cagliari berani bertandang ke Jerman untuk menantang Augsburg dan terbang menuju Spanyol agar melawan RCD Mallorca. Dalam lawatan tersebut, Gli Isolani menuai kekalahan. Dalam kesempatan tersebut, Leonardo Semplici selaku allenatore melakukan pemantapan strategi dengan memakai pola formasi 3-5-2.

Pergerakan bursa transfer : Cagliari melakukan peminjaman kepada dua pemain yang terhitung penting. Kevin Strootman dan Dalbert diharapkan dapat menambah daya saing tim. Pemain yang diinginkan hadir dengan status loan selanjutnya yakni Tommaso Pobega dari AC Milan dan Radu Dragusin dari Juventus. Sedangkan striker nomor punggung 9 Gli Isolani, Giovanni Simeone dikabarkan diminati Torino, Udinese dan Marseille. Dengan sisa waktu masa mercato yang akan ditutup, Cagliari perlu segera mendapat pemasukan dari penjualan pemain agar bisa mendatangkan nama-nama baru.

Udinese

Sudah biasa bagi Udinese ditinggal pemain-pemain yang menjadi pilar utama tim. Untuk musim ini, klub berjuluk I Friulani rela melepas kaptennya, Rodrigo De Paul dan kiper andalan, Juan Musso. Musim lalu Udinese sanggup bikin 42 gol selama Serie A bergulir. Catatan tersebut menjadi terendah ketiga dari klub-klub lainnya. Butuh kerja yang keras agar klub milik Giampolo Pozzo ini tetap eksis di Serie A.

Hasil dari pra-musim : meladeni klub dari luar Italia, Udinese tampil mengecewakan. Keok dari Sturm Ganz (28/7) dengan skor 2-3 dan kalah telak dari Lens (31/7) dengan skor 1-4. Gerard Deulofeu dkk kemudian memperbaiki penampilan dan raih kemenangan atas Empoli (7/8) dengan unggul tipis 1-0. Luca Gotti selaku allenatore perlu berpikir keras agar I Friulani menghindari papan bawah classifica.

Pergerakan bursa transfer : untuk stok penjaga gawang, Marco Silvestri dari Hellas Verona dan Daniele Padelli yang dilepas Inter telah diboyong. Aktifitas dari mercato Udinese yang masih dilakukan sekarang ini adalah mencari goal getter demi mengatasi masalah minim mencetak gol. Yang diberitakan masuk dalam daftar incaran adalah Aaron Boupendza yang memperkuat Hatayspor dan M’Bala Nzola yang berada di Spezia.

Salernitana

Salernitana akhirnya merasakan atmosfer persaingan Serie A sejak terakhir pada tahun 1999. Seperti yang diketahui, Salernitana ibarat tim satelitnya Lazio. Karena keberadaan Claudio Lotito dalam jajaran direksi klub. Pemain-pemain yang musim lalu memiliki kontribusi besar seperti Emanuele Cicerelli dan Tiago Casasola berstatus pinjaman dari Lazio dan kini telah kembali ke klub asal ibukota tersebut.

Hasil dari pra-musim : pelatih Salernitana, Fabrizio Castori melakukan beberapa percobaan agar tidak terpaku pada satu pola formasi yang sering digunakan dari musim lalu, 3-5-2. Saat menantang Aston Villa (8/8), kendati berujung kekalahan, tapi Salernitana mendapat pelajaran penting. Pola formasi 5-3-2 coba dipakai dan memberikan hasil yang bagus saat berlaga di putaran pertama Coppa Italia musim ini.

Pergerakan bursa transfer : fokus utama dari mercato Salernitana yaitu mencari penyerang. Top skor klub di musim lalu, Gennaro Tutino merupakan pemain loan dari Napoli dan sekarang bermain di Parma. Ujung tombak anyar yang didatangkan ada Federico Bonazzoli dari Sampdoria dan Simy dari Crotone. Dengan sektor finansial yang terbatas, I Granata hanya mampu memboyong pemain baru dengan meminjam dari klub lain atau pemain yang berstatus free transfer.

Spezia

Musim lalu Spezia berhasil mengamankan posisi dari zona tiga terbawah classifica. Namun di musim ini tampaknya Jeroen Zoet dkk akan menjadi partisipan dalam persaingan degradasi. Spezia telah menunjuk Thiago Motta sebagai pelatih. Patut diperhatikan apakah Motta yang pengalaman belum banyak sebagai peracik strategi ini dapat memberikan impak positif bagi klub dengan julukan Aquilotti.

Hasil dari pra-musim : akibat beberapa pemain dan ada juga staf kepelatihan yang positif terpapar COVID-19, agenda pertandingan pra-musim yang dirancang Spezia batal terlaksana. Tantangan awal Motta yakni pada putaran pertama Coppa Italia musim ini melawan Pordenone. Dengan membawa 18 pemain (termasuk pemain baru), Aquilotti sanggup menang dan melangkah ke babak berikutnya.

Pergerakan bursa transfer : mengacu pada data transfermarkt.com, sampai saat ini Spezia tidak memboyong pemain baru yang berusia lebih dari 30 tahun. Nama-nama yang didatangkan pun masih muda umurnya. Diantaranya Kelvin Amian (23 tahun), Ebrima Colley (21 tahun) dan Aimar Sher (18 tahun). Pada musim lalu Spezia memang minim sekali diperkuat pebola-pebola gaek. Dalam skuat terkini, Jeroen Zoet yang merupakan kiper inti menjadi yang paling tua umurnya dengan 30 tahun.