Tahap yang pertama dari Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 dengan pembahasan perkiraan klub yang akan berjibaku di trek perebutan scudetto dan tiket ke kompetisi Eropa di musim berikutnya.

Prediksi Amatiran edisi Serie A 2021/22 ini akan dibagi tiga tahap. Tahap pertama yakni untuk zona tujuh besar. Tahap yang kedua untuk area papan tengah. Sedangkan tahap ketiga mengenai persaingan degradasi.

Juventus

Kembalinya Massimiliano Allegri di posisi allenatore menjadi faktor utama Juventus disebut sebagai kandidat favorit peraih scudetto musim ini. Apalagi isi dari skuat klub dengan julukan La Vecchia Signora ini masih paling mentereng di ranah Italia. Musim ini diyakini Juventus akan lebih baik performanya karena ditangan pelatih yang amat paham bagaimana memaksimalkan potensi pemain.

Hasil dari pra-musim : untuk agenda pra-musim Juventus pada tahun ini lebih banyak menjalani pertandingan melawan klub-klub dari Italia. Kemudian berpartisipasi pada ajang Trofeo Joan Gamper dengan menghadapi Barcelona. Bertanding dengan kesebelasan ternama Spanyol tersebut, Matthijs de Ligt dkk kalah telak dengan skor 3-0.

Di masa pre-season, pemain-pemain yang musim lalu kurang bersinar kini performanya makin bagus setelah dipoles Allegri. Aaron Ramsey menuai pujian dari sang pelatih. Begitu juga dengan Danilo, yang pada beberapa kesempatan dicoba main sebagai gelandang. Paulo Dybala yang sempat mengalami cedera Kembali tampil baik dan berhasil menyumbang satu gol di laga penutup pra-musim Juventus.

Pergerakan bursa transfer : Pada masa mercato awal musim sejauh ini, Juventus telah mendapat tanda tangan dari Kaio Jorge dan Manuel Locatelli. Nama pertama diboyong dari Santos dan menambah stok amunisi striker. Sedangkan Locatelli diharapkan menjadi pelengkap kepingan utama strategi Allegri.

Cristiano Ronaldo telah memutuskan untuk hengkang dari Juventus jelang ambang batas bursa transfer pertengahan tahun ini. Beberapa kesempatan di musim lalu saat CR7 belum dimainkan atau tak bisa tampil, La Vecchia Signora mengalami kebuntuan. Namun dengan kecakapan Allegri dalam memaksimalkan kolektivitas tim, Juventus masih bisa menatap musim dengan keyakinan tinggi.

Inter

Tak sedikit opini beredar yang meyakini Inter pada musim ini gagal mempertahankan scudetto. Kepergian Antonio Conte ditanggapi dengan menunjuk pelatih baru yang juga gemar pola formasi 3-5-2 yakni Simone Inzaghi. Jika paruh musim kedua nanti tak ada pemain andalan yang dilepas, Il Nerazzurri bakal menjadi seteru utama Juventus dalam perebutan gelar juara Serie A.

Hasil dari pra-musim : Inter masih menggunakan pola formasi 3-5-2 dalam partai-partai yang dilakoni dalam pra-musim sekarang. Hakan Calhanoglu yang baru bergabung sejauh ini dapat beradaptasi bermain dengan tim yang mengusung pola 3-5-2. Edin Dzeko pada laga Inter vs Dynamo Kiev (14/8) sanggup mencetak gol.

Banyak dari kalangan tifosi Inter menilai permainan dibawah arahan Simone Inzaghi lebih tidak kaku karena banyak variasi build-up serangan. Kemudian para youngster seperti Federico Dimarco dan Martin Satriano dapat merebut kepercayaan pelatih. Tapi sekali lagi, La Beneamata perlu membuktikan kehebatan kala berkesempatan melawan klub dengan materi pemain yang setara atau bahkan lebih baik.

Pergerakan di bursa transfer : setelah cabutnya Achraf Hakimi dan Romelu Lukaku, Inter telah mendapat pemain baru untuk mengisi posisi yang ditinggalkan dua pemain kunci tersebut. Denzel Dumfries untuk pos wing-back kanan, sedangkan Edin Dzeko mengisi nomor punggung 9 yang kosong tanpa pemilik.

Selain itu ada Hakan Calhanoglu yang diambil dari klub rival sekota, AC Milan. Alex Cordaz yang diboyong dari Crotone untuk diplot sebagai kiper pelapis. Joaquin Correa yang diambil dari Lazio sebagai tambahan amunisi lini depan. Sisa waktu mercato musim panas ini Inter sebenarnya masih perlu pemain baru untuk opsi alternatif di posisi wing-back dan cadangan yang memadai untuk bek tengah.

Roma

Kedatangan seorang Jose Mourinho menimbulkan antusiasme yang tinggi di kesebelasan asal ibukota Italia ini. Kemudian skuat semakin dipercantik dengan kehadiran pemain-pemain baru. Perpaduan antara pemain lama dengan pemain baru sudah terlihat. Untuk meramaikan persaingan papan atas dan finis di zona Liga Champions seharusnya bisa tercapai oleh klub berjuluk I Lupi.

Hasil dari pra-musim : AS Roma memulai pemusatan latihan awal musim per tanggal 9 Juli kemarin. Lebih dulu dari kesebelasan-kesebelasan partisipan lain Serie A musim ini. Hal ini karena I Lupi akan berjibaku di babak kualifikasi UEFA Europa Conference League. Tujuan lainnya yaitu adaptasi dengan gaya kepelatihan Jose Mourinho

Diketahui ada sembilan laga persahabatan yang dilalui AS Roma di masa pre-season tahun ini. Tak hanya di Italia, Nicolo Zaniolo dkk menggelar kamp pra-musim di Portugal, negara asal Jose Mourinho. Satu-satunya hasil yang berujung kekalahan yakni pada saat bertanding lawan Real Betis (7/8). Dari partai-partai tersebut sisi agresif dari para pemain I Lupi yang musim lalu tidak nampak, kini sudah muncul.

Pergerakan di bursa transfer : menurut perhitungan transfermarkt.com, AS Roma sampai sekarang uang yang keluar untuk beli pemain mencapai 97,75 juta euro. Tertinggi diantara peserta-peserta Serie A musim ini. Lini belakang dan depan telah diisi dengan amunisi-amunisi anyar.

Rui Patricio dihadirkan sebagai kiper inti. Pos bek kiri diperkuat dengan perekrutan Matias Vina dari Palmeiras. Tammy Abraham dan Eldor Shomurodov akan menjadi ujung tombak terbaru setelah Edin Dzeko tak lagi menjadi bagian dari AS Roma. Perburuan pemain baru I Lupi diperkirakan masih berlanjut dengan sasarannya mencari winger dan gelandang bertahan.

Milan

Untuk menjaga agar tidak tercelat dari papan atas classifica Serie A, AC Milan melakukan sejumlah upaya peningkatan. Stefano Pioli selaku pelatih yang membuat strategi dihadapkan pada tantangan yang sama dari musim sebelumnya. Konsisten membuat performa pemain yang paripurna di atas lapangan agar bisa stabil dalam bersaing di segala ajang yang dijalani musim ini.

Hasil dari pra-musim : dua kemenangan dan tiga kali imbang berhasil diraih AC Milan dari semua partai pre-season yang terlaksana. Rekrutan anyar, Olivier Giroud menjadi top skor pra-musim I Rossoneri dengan koleksi tiga gol. Tak ketinggalan nama-nama pemain lama Rafael Leao, Brahim Diaz dan Rade Krunic turut memperlihatkan performa yang baik.

Masa pra-musim tahun ini menjadi kesempatan bagi AC Milan mengembangkan permainan dengan tanpa tergantung sang bintang utama, Zlatan Ibrahimovic. Menjaga daya tahan tim yang akan tampil di tiga kompetisi menjadi perhatian khusus. Yang membedakan dari musim lalu, kompetisi antar klub Eropa yang sekarang dihadapi I Rossoneri yakni Liga Champions.

Pergerakan di bursa transfer : kesadaran bahwa masih butuh pemain bermental juara, nama-nama yang direkrut Milan tidak sembarangan. Mike Maignan yang menjadi kiper utama klub jawara Ligue 1 2020/21, Lille. Olivier Giroud yang beragam prestasi di level klub dan timnas juga dihadirkan.

Masih ada pe-er bagi manajemen Milan dalam masa bursa transfer kali ini. Yakni mencari pemain yang akan menjadi pengatur serangan dalam tim. Hakan Calhanoglu yang menjadi top assists di musim lalu telah hengkang. Paolo Maldini dan kolega harus segera menuntaskan pencarian pemain dengan kriteria yang dibutuhkan tersebut agar kekuatan tim tetap terjaga.

Napoli

Dibawah komando pelatih baru, Luciano Spalletti, Napoli mengusung ambisi bisa kembali menerobos persaingan perebutan scudetto. Yang terjadi sekarang di klub asal Italia bagian selatan ini yakni pemain-pemain yang menjadi kunci permainan sedang diincar kesebelasan-kesebelasan lain. Jika banyak yang keluar, otomatis kekuatan tim akan berkurang dengan sangat banyak.

Hasil dari pra-musim : rapor dari pertandingan-pertandingan pre-season Napoli sangat bagus. Lima laga persahabatan berakhir untuk kemenangan I Partenopei. Termasuk saat menghadapi klub penguasa liga Jerman, Bayern Munich (31/7). Penyerang termahal Napoli, Victor Osimhen dalam partai tersebut berhasil mencetak dua gol.

Perbedaan yang terlihat dari strategi Napoli sekarang di era Spaletti dengan sebelumnya dilatih Gattuso yaitu para pemain diminta untuk berani lebih lama memegang bola. Penguasaan permainan merupakan salah satu hal yang menjadi kekurangan I Partenopei di musim lalu. Dengan perkembangan yang semakin positif, Napoli tetap dapat bersaing di papan atas classifica.

Pergerakan di bursa transfer : Napoli masih belum bikin gebrakan terkait pemain baru di bursa transfer kali ini. Tawaran-tawaran yang masuk dari kesebelasan lain sedang dalam pertimbangan. Seperti sang kapten, Lorenzo Insigne atau bek andalan, Kalidou Koulibaly yang dirumorkan banyak klub peminatnya.

Napoli bergerak merekrut pemain baru jika ada pemain lamanya yang terjual. Konstantinos Manolas diberitakan sedang diminati klub asal Yunani, Olympiacos. Kalau yang bersangkutan cabut, I Partenopei bersiap mencari bek tengah baru. Setelah Juan Jesus bergabung, rumor yang beredar nama berikutnya yang diincar yakni ada Shkodran Mustafi (eks pemain Arsenal) atau Daniele Rugani (pemain Juventus).

Lazio

Pergantian pelatih jelas mempengaruhi Lazio dalam mengarungi Serie A musim ini. Maurizio Sarri merupakan pelatih yang kerap memakai pola formasi 4-3-3. Sedangkan allenatore sebelumnya, Simone Inzaghi lebih akrab dengan pola formasi tiga bek. Penyesuaian ini yang menjadi perhatian, mengenai butuh waktu berapa lama pemain-pemain asuhannya ini dapat menerapkan Sarriball dengan baik.

Hasil dari pra-musim : persiapan awal musim Lazio masih sama seperti tahun lalu. Dimulai dari training camp yang bertempat di Auronzo di Cadore. Terdapat tiga partai persahabatan yang dihelat. Menghadapi Triestina (23/7), Padova (27/7) dan Meppen (4/8) dengan hasil akhirnya sekali menang dan dua kali imbang.

Para pemain Lazio masih beradaptasi dengan Sarriball. Penampilan Pepe Reina dkk membaik dan berhasil meraih kemenangan saat melawan Twente (8/8). Ciro Immobile memperlihat tajinya dengan menyumbang gol semata wayang pada laga tersebut. Jika Lazio dan Sarriball sudah sama-sama saling memahami, maka tim-tim Serie A senantiasa perlu waspada.

Pergerakan di bursa transfer : Lazio bukan kesebelasan yang gemar menghabiskan banyak dana transfer untuk satu pemain baru sejak masa kepemimpinan Claudio Lotito sebagai presiden klub. Akan tetapi, bukan berarti tak ada pebola berlabel bintang yang didatangkan.

Setelah membawa pulang Felipe Anderson dari West Ham United, Lazio masih mencari pemain tambahan di posisi winger. Sempat ada Xherdan Shaqiri (Liverpool) dan Josip Brekalo (Wolfsburg) masuk dalam rumor transfer tersebut. Tetapi ternyata yang merapat adalah Pedro, mantan anak asuh Sarri di Chelsea, yang musim lalu perkuat AS Roma.

Atalanta

Atalanta masih ditangani oleh Gian Piero Gasperini. Dengan pola formasi 3-5-2 dan 3-4-2-1, La Dea menjadi tim yang kuat dan sering mencetak kemenangan dengan skor mencolok. Namun bisa saja sekarang klub-klub di Serie A telah menemukan formula tepat untuk meredam serangan Josip Ilicic dkk. Tanpa inovasi dan opsi alternatif strategi, niscaya akan membutuhkan perjuangan yang berlebih.

Hasil dari pra-musim : Atalanta bisa meraih kemenangan di laga pra-musim saat berjumpa Pordenone (31/7) dan Alessandria (11/8). Namun dua hasil minor dari partai kontra West Ham United (7/8) dan melawan Juventus (15/8) membuat Gasperini harus melakukan sejumlah perbaikan. Apalagi saat La Dea bersua Juventus, pemain-pemain utama yang fit diturunkan.

Pola formasi 3-4-1-2 atau 3-4-2-1 yang sering digunakan Gasperini sepertinya mulai bisa terbaca alurnya oleh lawan. Saat duel versus West Ham, Atalanta coba menerapkan pola formasi memakai tridente atau tiga penyerang di babak kedua guna mengejar ketertinggalan. Meski belum terlihat hasilnya, La Dea berpacu dengan waktu agar bisa menemukan strategi cadangan yang bagus.

Pergerakan di bursa transfer : Juan Musso direkrut dari Udinese guna menambah kekuatan penjaga gawang yang berkurang akibat hengkangnya Pierluigi Gollini. Cristian Romero yang meninggalkan Atalanta akan digantikan dengan Merih Demiral yang dipinjam dulu dari Juventus.

Josip Ilicic yang menjadi buruan nomor satu AC Milan telah berhasil dipertahankan. Sedangkan Duvan Zapata dikabarkan bisa dilepas Atalanta asal harganya cocok. Bila hal ini terjadi, Atalanta perlu menemukan pengganti yang sepadan. Sedangkan wing-back yang dimiliki, Robin Gosens, Hans Hateboer dan Joakim Maehle jangan sampai tergoda untuk cabut dari Gewiss Stadium.