Seperti yang banyak diketahui, Manchester City merupakan salah satu tim yang tak segan mengeluarkan banyak uang di bursa transfer pemain awal musim. Meski ancaman hukuman Financial Fair Play (FFP) terus membayang. Namun demikian, tak mengurangi niatan The Citizens untuk aktif bergerak mencari pemain baru.

Usai ambisi quadruple gagal terwujud, menghadapi musim 2019/20 segenap manajemen tim terus berupaya memperkuat skuatnya. Berikut saringan fokus transfer yang dibuat Kesebelasan Amatir untuk Manchester City saat ini.

Transfer Rodri sudah tuntas
Prosese pemboyongan Rodri dari Atletico Madrid sudah rampung. Klausul pelepasan pemain dengan transfer senilai 70 juta euro direalisasikan. Gelandang yang disebut-sebut kalangan media Spanyol sebagai titisan Sergio Busquets ini memang sudah amat diinginkan oleh manajer The Citizens, Pep Guardiola.

Mencari penerus David Silva
Musim 2019/20 akan menjadi akhir pengabdian David Silva kepada Manchester City. Dia sukses menjadi elemen kunci keberhasilan The Citizens menjadi klub tangguh di ranah Inggris. Dua personil Real Madrid, Isco dan Marco Asensio dibincangkan banyak media sebagai incaran pengganti sosok gelandang yang akrab dengan nomor punggung 21 tersebut.

Amankan Leroy Sane
Rumor hengkangnya Leroy Sane berhembus kencang karena raksasa liga Jerman, Bayern Muenchen tengah berburu winger baru. Karena dalam skuatnya saat ini menyisakan dua nama saja untuk pos tersebut, Serge Gnabry dan Kingsley Coman. Oleh karena itu Sane yang merupakan penggawa timnas Jerman dianggap pas untuk gabung klub berjuluk FC Hollywood.

Di Manchester City, Sane masih kerap diandalkan Pep Guardiola yang memakai sistem rotasi pemain inti. Jika Bayern Muenchen bisa meyakinkan Sane melalui aspek finansial dan jaminan starter, bukan tak mungkin The Citizens kehilangan eks pemain Schalke 04 tersebut.

Bek tengah baru selanjutnya
Rasanya memang tiap awal musim Manchester City mendatangkan bek tengah baru. Apalagi musim 2019/20 ini kapten tim Vincent Kompany sudah meninggalkan Etihad Stadium. Dari nama pemain lokal, ada Harry Maguire (Leicester City) yang dipatok harga tinggi bila ada klub yang ingin merekrutnya. Namun bila The Citizens tak bisa mengeluarkan uang banyak karena takut FFP, opsi lain yang muncul ada Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach) atau Mario Hermoso (Espanyol).

Joao Cancelo dalam proses
Dengan fleksibiltasnya sebagai bek sayap, Joao Cancelo menjadi pemain yang paling diinginkan saat ini oleh Pep Guardiola. Manchester City coba menambah Danilo sebagai paket transfer selain uang tebusan. Juventus tak setuju dengan kedatangan eks bek sayap Real Madrid tersebut. Namun negosiasi kedua klub masih berlanjut dengan penawaran baru yang sedang disiapkan.

Kiper pelapis
Posisi penjaga gawang inti Manchester City memang sudah pasti dihuni oleh Ederson. Namun bukan berarti kiper berkebangsaaan Brasil tersebut dapat selalu bermain tiap pertandingan di segala kompetisi yang diikuti. Claudio Bravo yang bermasalah dengan fisiknya, membuat Pep Guardiola perlu mencari pelapis lainnya. Zack Steffen yang sudah dikontrak sejak musim lalu kini dipinjamkan ke klub Jerman, Fortuna Dusseldorf. Asier Riesgo yang saat ini free agent dan pernah memperkuat Real Sociedad, Osasuna, Eibar dikabarkan akan segera merapat.

Tambah stok penyerang?
Seolah belum cukup dengan keberadaan Sergio Aguero dan Gabriel Jesus, Manchester City berburu ujung tombak anyar. Everton Soares yang membela Gremio siap diboyong ke Etihad Stadium. Banderol penyerang berusia 23 tahun itu berkisar 70 juta paun oleh klubnya. Sedangkan The Citizens baru membuka penawaran di angka sekitar 30 juta paun.

Lepas Eliaquim Mangala
Dari daftar jual Manchester City, Eliaquim Mangala menjadi nama yang diprioritaskan. Bek yang diangkut pada musim panas 2014 lalu ini sudah tak terpakai jasanya di Etihad Stadium. The Citizens pun sudah siap merugi dengan pasang harga murah. Besiktas dan klub lama Mangala, FC Porto dalam posisi terdepan untuk merekrutnya.

Nasib pemain pinjaman
Cukup banyak pemain Manchester City yang musim lalu dalam masa peminjaman di klub lain. Dari sekian pemain, yang dapat diandalkan bersama klub pinjamannya ada Pablo Mari, Aleix Garcia, Douglas Luiz. Secara posisi, ketiganya sesuai dengan kebutuhan tim untuk pelapis. Apakah dari tiga nama tersebut (dan juga pemain lainnya) bakal ada yang dipertahankan atau melanjutkan masa pinjaman?

Riyad Mahrez
Ditengah perjuangannya bersama timnas Aljazair di Piala Afrika 2019, spekulasi hengkangnya Riyad Mahrez masih beredar. Kendati manajer City, Pep Guardiola sudah lama menjelaskan bahwa pemain bernomor punggung 26 tersebut tetap masuk dalam rencana strateginya. Namun tak dapat dipungkiri, Mahrez bernilai jual cukup tinggi sehingga bisa jadi solusi menyeimbangkan neraca keuangan klub.

Pembajakan dari rival
Mengambil pemain bintang dari sesama kalangan elite klub Inggris, coba dilakukan Manchester City sekarang ini. Seperti kesuksesan membajak Raheem Sterling dari Liverpool dan Kyle Walker dari Tottenham Hotspur. Apalagi terdapat beberapa pemain dari kubu rival-rival domestik tersebut dalam situasinya tak menentu. Seperti Christian Eriksen (Tottenham Hotspur), Alexis Sanchez (Manchester United), Mesut Ozil (Arsenal).