Untuk musim 2018/19, penghargaan Bundesliga Goalkeeper of the Season tidak terumumkan. Kendati begitu tak sedikit media-media yang menggeluti sepak bola memberikan opini atau pandangannya untuk para der torwart yang bermain di liga teratas Jerman. Berikut Sebelas Rangking Kiper Bundesliga 1 2018/19 yang dibuat Kesebelasan Amatir.

1. Michael Esser
Hannover 96 finis di zona merah Bundesliga 1 2018/19. Dengan angka kebobolan terbanyak bersama tim papan bawah lain, Nuernberg sejumlah 71 gol. Namun, jika bukan pertolongan dari Michael Esser selaku kiper, Die Roten bisa kebobolan lebih dari angka segitu. Dia menempati urutan pertama dalam hal urusan melakukan upaya penyelamatan melindungi gawangnya. Berdasarkan perhitungan Whoscored, sebanyak 194 saves dilakukannya.

Penampilan mengesankan Michael Esser di musim ini terjadi saat berhasil membuat jumlah penyelamatan yang banyak dalam satu pertandingan. Pada partai spieltag 18, Hannover 96 melawan Werder Bremen, Esser membuat 14 saves. Sayangnya hasil akhir dari duel tersebut, timnya harus menerima kekalahan.

Bukan pada pertandingan tersebut saja Esser membuat saves menyentuh dua digit angka. Kala H96 menghadapi Bayern Muenchen, Whoscored mencatat Esser melakukan penyelamatan sebanyak 10 kali. Kendati dalam partai tersebut, klubnya dibantai empat gol tanpa balas.

2. Peter Gulacsi
Berdasarkan penilaian Kicker, Peter Gulacsi menjadi der torwart dengan raihan nilai tertinggi di Bundesliga 1 2018/19. Rata-rata nilai yang diperolehnya yakni 2,61. Penjaga gawang berkebangsaan Hungaria ini tercatat 16 pertandingan berhasil clean sheet dari 33 kali bermain. Terbanyak diantara kesebelasan-kesebelasan lain di level teratas liga Jerman tersebut. Sehingga RB Leipzig menjadi tim yang paling sedikit kebobolan.

3. Yann Sommer
Ketangguhan kiper utama timnas Swiss, Yann Sommer tak perlu diragukan. Dia tampil dalam seluruh partai Borussia Monchengladbach di Bundesliga 1 2018/19. Selain sering melakukan upaya penyelamatan mengamankan gawangnya, Sommer turut membantu permainan tim dengan aktif mengumpan. Dihimpun dari Whoscored, Sommer menjadi der torwart dengan angka passing tertinggi mencapai 1412 umpan.

4. Lukas Hradecky
Tiba di Bayer Leverkusen yang ditinggal Bernd Leno, Lukas Hradecky membuktikan kapasitas mengingat reputasinya sebagai kiper terbaik liga Jerman musim 2017/18. Ketangkasannya dibawah mistar gawang membantu pencapaian Die Werkself mengakhiri Bundesliga 1 musim ini di peringkat keempat. Salah satu nilai lebih dari Hradecky yakni kecepatannya sehingga menunjang peran sebagai sweeper-keeper dan sudah diakui oleh Opta.

5. Jiri Pavlenka
Werder Bremen beruntung memiliki der torwart dalam sosok Jiri Pavlenka. Dengan 34 kali tampil di Bundesliga 1 2018/19, Pavlenka sanggup bikin banyak saves hingga melebihi angka 100. Keunggulan kiper timnas Rep. Ceko ini ialah mengantisipasi umpan silang. Tak heran bila klub-klub elite Eropa macam Liverpool dan Juventus dirumorkan tertarik merekrutnya.

6. Kevin Trapp
Terdepak dari Paris Saint-Germain, Kevin Trapp pulang ke klub lamanya, Eintracht Frankfurt dengan status pinjaman. Keunggulan Trapp yang tercatat oleh Whoscored adalah keakuratan umpan bola panjang. Dari 33 kali bermain di musim ini, dia melakukan 374 umpan bola panjang yang tepat diterima rekan-rekannya. Terbanyak diantara kiper-kiper Bundesliga 1 lainnya.

7. Oliver Baumann
Oliver Baumann berhasil menembus tiga besar pengumpul saves terbanyak baik itu menurut data situs resmi Bundesliga maupun perhitungan Whoscored. Jelas bahwa kiper berusia 29 tahun ini elemen penting Hoffenheim. Selain itu, dia juga turut menorehkan sebuah asis di Bundesliga 2018/19 kala klubnya bertandang ke markas Hertha Berlin.

8. Michael Rensing
Keberhasilan Fortuna Dusseldorf bertahan di Bundesliga 1 dengan berada di urutan 10 klasemen akhir, tak lepas dari peran Michael Rensing. Berdasarkan data Whoscored, dia menjadi penjaga gawang terbanyak yang melakukan clearance sejumlah 37 kali. Mantan kiper Bayern Muenchen ini kembali memperbaiki karirnya setelah sempat mengalami masa frustasi.

9. Alexander Schwolow
Kiper utama SC Freiburg, Alexander Schwolow mencuri perhatian pecinta Bundesliga 1 musim ini. Berkat aksi dalam berjibaku menjaga gawang dan satu-satunya asis yang dibuatnya dalam partai Freiburg versus Augsburg. Kala menghadapi Bayern Muenchen, Schwolow melakukan 8 saves agar gawangnya aman dari serangan lawan.

10. Rune Jarstein
Kiper yang tersering menghalau tendangan pinalti di Bundesliga 1 2018/19 yaitu Rune Jarstein. Dengan dua kali sepakan lawan yang berhasil dimentahkannya. Jarstein termasuk dalam penjaga gawang yang membuat lebih dari 100 saves di level teratas liga Jerman musim ini.

11. Roman Burki
Penjaga gawang Borussia Dortmund ini didaulat sebagi kiper terbaik paruh pertama Bundesliga 1 2018/19 versi Kicker. Namun mengikuti putaran berikutnya, performa Die Schwarzgelben mengalami penurunan terutama di lini belakangnya. Roman Burki turut melempem penampilannya.