Akademi Aston Villa sudah terakui kualitasnya dalam urusan pendidikan sepak bola. Telah banyak pemain yang menjadi lulusan atau juga pernah menuntut ilmu di sana. Timnas Inggris turut merasakan manfaat dari banyaknya pesepakbola yang mengawali karir profesionalnya di klub dengan salah satu sebutannya yaitu Villans.

Akademi Aston Villa

Michael Oakes
Sejak usia 18 tahun, Michael Oakes telah raih kesempatan masuk skuad utama Aston Villa. Meski statusnya pada saat itu sebagai kiper pelapis. Baru pada Premier League 1996/97, ketika usianya 22 tahun, dia bisa menjalani debut di Premier League dengan mengawal gawang Villans. Pada musim panas tahun 1999 Michael Oakes meninggalkan Villa Park. Dia pernah dapat panggilan timnas Inggris dalam beberapa partai kualifikasi Piala Eropa U-21 di kurun tahun 1994 sampai tahun 1995.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-21 – 6 pertandingan

Ciaran Clark
Ciaran Clark sudah bergabung di akademi Aston Villa sejak tahun 2000. Mendapat debut main di tim utama untuk pertandingan Premier League di pekan 4 musim 2009/10. Sekarang Ciaran Clark merumput bersama Newcastle United sejak meninggalkan Villans pada musim panas tahun 2016. Ciaran Clark sering mendapat panggilan timnas Inggris di jenjang junior. Tetapi untuk bermain di partai antar negara tingkat senior, dia memilih perkuat timnas Irlandia.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-17 – 6 pertandingan
Inggris U-18 – 2 pertandingan
Inggris U-19 – 9 pertandingan
Inggris U-20 – 2 pertandingan

Liam Ridgewell
Menginjak masa remaja, Liam Ridgewell memilih pindah dari akademi West Ham United menuju ke akademi Aston Villa. Dengan kemampuan yang dimiliki, dia berhasil mendapat panggilan membela timnas Inggris untuk tingkat junior. Kemudian dia naik ke tim utama dan mendapat debut pada januari 2003 saat klubnya bermain di ajang FA Cup. Lima musim memperkuat Villans, Liam Ridgewell memilih melanjutkan karir dengan hengkang ke klub rival, Birmingham City.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-19 – 1 pertandingan
Inggris U-21 – 8 pertandingan

Gary Cahill
Mantan wakil kapten timnas Inggris, Gary Cahill merupakan lulusan dari akademi sepak bola Aston Villa. Sejak tahun 2000, dia telah bergabung dengan Villans. Sayangnya tak banyak caps yang dikumpulkan bersama Aston Villa. Sempat menjalani masa peminjaman di Burnley dan Sheffield United, Gary Cahill kemudian dijual ke Bolton Wanderes pada Januari 2007. Kemudian karirnya melejit hingga menjadi andalan Chelsea serta timnas Inggris.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-20 – 3 pertandingan
Inggris U-21 – 3 pertandingan
Inggris – 61 pertandingan

Gareth Barry
Pada masanya, Gareth Barry adalah ikon Aston Villa. Selain amat diandalkan di klubnya, timnas Inggris juga sering memakai jasanya. Dari tahun 1997, dia menjadi bagian dari Villans dan kemudian hengkang ke Manchester City pada musim panas 2009. Gareth Barry saat ini menjadi pemilik rekor penampilan bermain terbanyak di Premier League yakni dengan 653 pertandingan. Dengan dimulai dari Aston Villa pada tahun 1998 sampai akhir musim 2019/20 lalu bersama West Bromwich Albion.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-16 – 6 pertandingan
Inggris U-18 – 5 pertandingan
Inggris U-21 – 27 pertandingan
Inggris – 53 pertandingan

Craig Gardner
Karir pesepakbola dari Craig Gardner bisa dibilang unik. Karena memulai karir dari Aston Villa dan menutup karirnya di Birmingham City. Partai debutnya di Premier Lague terjadi kala Villans menghadapi Everton dalam gameweek 18 musim 2005/06. Craig Gardner termasuk sering mendapat panggilan untuk masuk timnas Inggris U-21. Empat setengah musim bersama Aston Villa, Craig Gardner pindah ke Birmingham City di Januari 2010.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-21 – 14 pertandingan

Lee Hendrie
Nama pemain yang satu ini pernah merapat dengan salah satu kebelasan dari Indonesia. Lee Hendrie lahir di Birmingham dan sejak belia bergabung dengan Aston Villa yang merupakan salah satu klub setempat. Naik ke tim utama pada umur 17 tahun dan mampu bertahan selama 13 tahun. Kemudian dia melanjutkan karir ke klub-klub Inggris yang kebanyakan berpartisipasi dalam liga di bawah Premier League.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-18 – 1 pertandingan
Inggris U-21 – 13 pertandingan
Inggris – 1 pertandingan

Marc Albrighton
Marc Albrighton masuk akademi Aston Villa kala masih berusia 9 tahun. Lalu bisa naik ke tim utama dan mendapatkan debutnya pada Februari 2009 dengan usia 19 tahun. Kala itu dia bermain pada pertandingan Villans melawan CSKA Moscow di ajang Piala UEFA (sekarang Europa League). Meski menjadi andalan Inggris di Piala Eropa U-21 2011, Albrighton belum pernah perkuat The Three Lions tingkat senior. Musim ini Marc Albrighton masih bermain untuk Leicester City.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-20 – 2 pertandingan
Inggris U-21 – 8 pertandingan

Jack Grealish
Sekarang ikon Aston Villa adalah Jack Grealish. Dia merasakan binaan sepak bola di Villans sejak umur 6 tahun. Sampai sekarang masih bertahan di Villa Park. Untuk karir tingkat antar negara, Jack Grealish pernah memperkuat timnas Irlandia dari U-17 sampai U-21. Namun kemudian dia memilih membela timnas Inggris dan pada tahun ini sudah mendapat kesempatan main dengan mengenakan seragam The Three Lions.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-21 – 7 pertandingan
Inggris – 2 pertandingan (masih bisa bertambah)

Gabriel Agbonlahor
Menimba ilmu di akademi sejak umur 8 tahun, Gabriel Agbonlahor merupakan salah satu pemain yang disegani di Aston Villa. Penyerang yang lahir tahun 1986 ini hanya dilepas Villans pada paruh pertama 2005/06 semata menambah pengalaman bertandingnya. Kemudian kembali ke Villa Park dan terus menjadi bagian dari klub sampai akhirnya memutuskan gantung sepatu. Gabriel Agbonlahor memiliki 3 caps untuk timnas Inggris dengan debutnya pada November 2008 silam.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-21 – 16 pertandingan
Inggris – 3 pertandingan

Darius Vassell
Karirnya Darius Vassel sebagai pemain sepak bola dimulai dari Aston Villa. Masuk akademi saat berusia 16 tahun, dua tahun kemudian dia mendapat debut di tim utama. Dia menjadi penyerang andalan Villans dari tahun 1998 sampai tahun 2005. Lalu hengkang ke Manchester City dan pensiun di Leicester City. Selama bermain untuk timnas Inggris tingkat senior, Darius Vassell berhasil mencetak 6 gol dari 22 laga yang dilalui.
Caps di Timnas Inggris:
Inggris U-18 – 5 pertandingan
Inggris U-21 – 12 pertandingan
Inggris – 22 pertandingan