Fase grup Piala Asia 2019 sudah merampungkan pertandingan-pertandingan pertama bagi 24 peserta utamanya. Tiga Negara debutan yaitu Filipina, Kirgistan dan Yaman belum bisa meraih kemenangan. Negara tetangga kita, Thailand dan Vietnam ditumbangkan lawan-lawannya. Sehingga timnas dari kawasan Asia Tenggara tidak ada yang mendapat poin pada matchday 1.

Timnas yang menjadi unggulan jawara Piala Asia 2019 seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Iran masih terlalu tangguh atas lawan yang dihadapinya. Sementara juara bertahan, Australia bertekuk lutut dari Yordania yang sangat tangguh menggalang pertahanannya. Tuan rumah, Uni Emirat Arab harus berbagi 1 poin dengan sesama rekan Asia Barat, Bahrain.

Berikut kesebelasan terbaik dari pertandingan-pertandingan pertama penyisihan grup Piala Asia 2019.

Enam penyelematan yang dilakukannya membuat gawang Yordania aman dari kebobolan. Catatan yang sama dengan kiper Uzbekistan, Ignatiy Nesterov sebagai jumlah saves terbanyak dalam matchday 1 Piala Asia 2019. Salah satu aksi heroik Amer Shafi terjadi pada menit 62. Dimana dia melakukan dobel penyelamatan dari usaha pemain Australia Tom Rogic dan Chris Ikonomidis.

Komandan lini belakang Yordania. Selain lugas menggalang pertahanan, Bani Yaseen berkontribusi dengan 1 gol dari sundulannya yang menjadi skor tunggal pada pertandingannya. Terakhir kali bek yang memperkuat klub Al –Faisaly tersebut mencetak gol buat negaranya pada November 2011 di kualifikasi Piala Dunia 2014 saat menghadapi timnas dari Asia Tenggara, Singapura.

Filipina terhindar dari prediksi orang-orang yang bilang akan jadi bahan pembantaian Korea Selatan. Solidnya lini belakang The Azkals tak lepas dari upaya Alvaro Silva yang membuat clearances sebanyak 11 kali. Angka tersebut menjadi yang tertinggi pada matchday 1. Bek yang pernah malang melintang di Liga Spanyol ini nyaris bikin gol andai sundulannya dengan sempurna mengarah ke gawang.

Pemain belakang yang paling banyak mengirimkan umpan silang pada putaran pertama penyisihan grup yaitu Saad Al-Mukhaini. Dengan total 12 kali crossing sepanjang pertandingan dilakukan bek yang pernah trial bersama klub liga Inggris, Arsenal. Sayangnya Oman gagal meraih poin dan harus mengakui keunggulan Uzbekistan pada matchday 1.

Ali Adnan mencetak gol kemenangan untuk Irak atas kemenangan 3-2 dari Vietnam. Eksekusi tendangan bebasnya ditempatkan sebagai salah satu gol terbaik matchday 1 Piala Asia 2019. Selain itu, gol kedua Irak berasal dari kemelut depan gawang Vietnam akibat antisipasi umpan silang bek kiri yang main di klub Serie A, Atalanta.

Sebanyak 141 umpan dibuat oleh Woo Young Jung pada partai Korea Selatan kontra Filipina. Gelandang yang bermain di klub Qatar, Al Sadd menjadi top passes pada matchday 1 Piala Asia 2019. Duet dengan Ki Yueng Sung membuat lini tengah Taegeuk Warriors dominan atas lawannya tersebut. Ditambah kemampuan sapuan untuk menghalau serangan lawan.

Hussain Al Moqahwi membuat 12 umpan silang dan menghasilkan 1 asis pada partai pertama Arab Saudi kontra Korea Utara. Sekaligus menjadi pemain The Green Falcons yang paling sering menyentuh bola di pertandingan tersebut. Gelandang berusia 30 tahun ini juga menjadi pemain yang paling banyak angka chances created pada matchday 1 Piala Asia 2019 sejumlah 5 kali.

Satu-satunya pemain yang bikin lebih dari satu asis pada matchday 1 Piala Asia 2019 yaitu Abdulaziz Albhisi. Dengan torehan 2 asis pada kemenangan telak empat gol tanpa balas Arab Saudi atas Korea Utara. Pemain tengah bertipikal sayap ini baru tampil membela negaranya pertengahan Oktober 2018 lalu. Piala Asia tahun ini merupakan turnamen internasional perdana bagi Albhisi.

Dalam pesta gol Iran dari Yaman, Mehdi Taremi bikin 2 gol dan 1 asis. Pemain sayap berusia 26 tahun menciptakan peluang untuk rekan-rekannya sebanyak 3 kali dalam pertandingan tersebut. Dia sudah mulai menjadi andalan Team Melli pada kompetisi Piala Dunia 2018.

Dua pos penyerang tengah diisi oleh pemain-pemain yang mencetak brace dan paling banyak melakukan tembakan. Top skor timnas India, Suni Chheril dan ujung tombak Jepang, Yuya Osako bikin 6 shoots dalam pertandingan pertama penyisihan grup. Selain mereka berdua, ada striker Korea Selatan, Hwang Ui Jo yang buat 1 gol yang menjadi penentu kemenangan.

Untuk pelatih terbaik matchday 1 Piala Asia 2019 pilihan Kesebelasan Amatir yaitu Stephen Constantine. Juru strategi timnas India memberi intruksi ofensif yang tidak dikira lawannya, Thailand. Sehingga hasil pertandingan memihak Blue Tigers yang membantai War Elephants dengan skor 4-1. Pria berkepala plontos ini sudah melatih timnas dari kawasan Asia Selatan sejak tahun 2015.