Dua puluh klub Premier League musim ini sudah menjalani 35 pertandingan. Huddersfield Town dan Fulham sudah pasti akan turun kasta ke Championship Division pada musim selanjutnya. Tersisa satu slot lagi di zona merah. Berdasarkan klasemen sementara serta poin yang sudah dikumpulkan, ada tiga tim yang berpeluang melengkapi kuota degradasi.

Tabel klasemen sementara EPL sampai gameweek 35
Peringkat Klub Nilai
16. Southampton 37 Poin
17. Brighton & Hove Albion 34 Poin
18. Cardiff City 31 Poin

 

Gameweek 36
Menghadapi Fulham yang sudah dipastikan terdegradasi, seharusnya Cardiff jangan sampai kehilangan poin. Apalagi kedua klub kandidat degradasi lainnya akan menjalani laga kandang dengan kans besar mendapat tambahan poin. Brighton melawan Newcastle dan Southampton bertemu Bournemouth.

Untungnya hasil away Cardiff saat berjumpa tim papan bawah sejauh ini terbilang bagus. Tambahan tiga poin akan sangat berarti bagi persaingan degradasi sekarang ini. Southampton dapat memastikan tempatnya aman untuk Premier League musim depan kalau bisa menang pada gameweek 36.

Prediksi: Southampton dan Cardiff menang. Brighton imbang.
16. Southampton 40 poin
17. Brighton 35 poin
18. Cardiff 34 poin

Gameweek 37
Brighton harus bersiap lebih ekstra untuk pekan 37. Karena akan melawat ke markas Arsenal. Sejauh ini The Gunners baru dua kali kalah di kandangnya. Belum lagi kepentingan kubu Meriam London ini di zona tembus kompetisi Eropa. Sedangkan Cardiff dan Southampton (jika gameweek 36 tak dapat poin) akan menghadapi klub yang tampil tanpa beban karena sudah dipastikan bertahan di Premier League.

Cardiff akan memaksimalkan laga home terakhirnya musim ini untuk raih kemenangan melawan Crystal Palace. Sedangkan Southampton melakoni laga away menghadapi West Ham yang performanya tidak stabil. Pergeseran ujung zona merah dapat terjadi di gameweek 37. Hal tersebut terjadi jika Cardiff bisa menang dan Brighton tak mampu menambah poin dari partai versus Arsenal.

Prediksi: Cardiff menang. Southampton imbang. Brighton kalah
16. Southampton 41 poin
17. Cardiff 37 poin
18. Brighton 35 poin

Gameweek 38
Masuk pekan terakhir Premier League musim ini, kandidat degradasi menyusut menjadi dua tim. Yakni antara Cardiff dan Brighton. Lawan yang akan dihadapi sama-sama dari Manchester. Cardiff bersiap tandang melawan United. Sementara Brighton akan menjamu City.

Andai situasi gameweek 38 tak jauh berbeda dengan sekarang, kedua klub asal Manchester tersebut akan bertanding dengan kerja keras demi capai targetnya. United masih berupaya menembus empat besar. City mempunyai kepentingan untuk berebut gelar juara. Sulit bagi Cardiff dan Brighton bisa mencuri poin. Kecuali lawannya memilih mengendurkan pertandingan dengan tampil tidak berkekuatan penuh.

Prediksi: Cardiff dan Brighton kalah
17. Cardiff 37 poin
18. Brighton 35 poin