Mempunyai tempat latihan yang memadai pastinya dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesebelasan itu sendiri. Sehingga dapat mendukung segala macam rencana yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi. Tak jarang setiap klub sepak bola rela mengalokasikan biaya besar demi menyediakan sarana training dengan dilengkapi atribut-atribut yang diunggulkan.

Pada tahun 2007, Everton telah meresmikan tempat latihan yang bernama Finch Farm. Letaknya berada di kawasan Halewood (Merseyside, Inggris). Dengan pemakaian dana 14 sampai 17 juta paun. Luas area mencapai 55 hektar. Klub berjuluk The Toffees ini meninggalkan tempat latihan lamanya di Bellefield karena distrik tersebut dibangun pemukiman warga.

Lapangan yang ada disana berjumlah 13, dengan 10 diantaranya berjenis rumput alami dan sintesis. Tak ingin ketinggalan dengan klub-klub elit Premier League lain, Finch Farm juga memiliki fasilitas hydrotherapy pool. Berbagai kategori tim di Everton, mulai dari jenjang akademi sampai tim utama berkumpul disini untuk menjalani keseharian mengolah bola. Tim perempuan juga turut meramaikan aktivitas latihannya disini.

Pihak pemerintah dengan jasa pengurus lahan setempat yaitu Finch Farm ltd, sudah menjadi bagian dari pengembang dari kamp latihan Everton tersebut. Hal ini menghindarkan beban pajak yang besar bagi klub. Sementara bagi pihak pemerintah setempat, langkah akuisisi ini bisa menjadi investasi lokal. Awal bulan Juli 2016, mereka mengumumkan pemakaian biaya sebesar 4 juta paun untuk renovasi Finch Farm.

Kemudian pada tahun 2017, perusahaan USM Holdings yang berasal dari Rusia setuju bekerja sama dengan Everton perihal hak atas nama tempat latihannya. Pemilik dari perusahaan tersebut yakni Alisher Usmanov yang juga berstatus pemegang saham Arsenal. Sang pemilik The Toffees, Farhad Moshiri juga memiliki sebagian saham perusahaan dan menjadi dewan direksi.

Sumber Foto: Twitter @Everton

Wujud dari ambisi Everton menembus jajaran level atas liga Inggris jelas semakin terlihat. Apalagi tak semua klub Premier League yang tempat latihannya memiliki nilai jual aset yang tinggi. Lalu, jika proyek pembangunan Stadion berjalan mulus tanpa hambatan, The Toffees terus bergeliat untuk lebih baik.