Lagi-lagi timnas Finlandia kembali membuat kejutan. Teemu Pukki dan kolega berhasil menaklukkan juara World Cup 2018, Prancis. Kendati status pertandingan tersebut adalah uji coba, tetap saja kebahagiaan yang lebih harus dirasakan. Karena ini menjadi kemenangan perdana Finlandia dalam catatan duel sepak bola dengan Prancis.

Di negara Finlandia, olahraga yang sangat menonjol yakni hoki es. Di ajang-ajang perlombaan hoki es, berbagai prestasi sudah direngkuh. Kemudian balapan menjadi olahraga yang digemari berikutnya. Dari kompetisi Formula One (F1) pembalap asal Finlandia yang termahsyur namanya yaitu Kimi Raikkonen.

Sepak bola juga banyak digemari masyarakat Finlandia. Konon beritanya, jumlah pemain sepak bola dari negara tersebut ada sekitar 400.000 orang. Dari jumlah tersebut, dikatakan hampir dua kali lipat lebih banyak dari pemain hoki es.

Bisa dibilang pesepakbola yang paling tenar dari Finlandia saat ini yakni Teemu Pukki dan Lukas Hradecky. Namun sebenarnya selain dua nama tersebut, timnas dengan julukan Huuhkajat ini memiliki beberapa pemain yang di masa depan akan bisa terkenal juga.

Glen Kamara
Tanggal Lahir: 28 Oktober 1995
Posisi: gelandang bertahan
Klub saat ini: Rangers FC

Glen Kamara pernah berada di Arsenal dengan bermain untuk tim U-18 hingga tim reserve. Meski kemudian harus rela dipinjamkan ke klub Inggris lain seperti Southend United dan Colchester United. Lalu pada musim panas tahun 2017, dia hengkang ke Skotlandia guna merumput dengan Dundee FC.

Di tanah Skotlandia, Glen Kamara rutin bermain buat Dundee di segala kompetisi dalam negeri. Kemudian pada Januari 2019, Rangers FC merekrutnya. Dalam bimbingan Steven Gerrard yang menjadi manajer Rangers, Glen Kamara menjadi salah satu gelandang tangguh yang diandalkan.

Partai perdana Glen Kamara turun membela timnas Finlandia tingkat senior terjadi pada November 2017. Sebenarnya bisa saja dia debut lebih cepat untuk Huuhkajat. Namun karena tim U-21 juga membutuhkan jasanya jadi baru kesampaian tak lama setelah Kamara ulang tahun yang ke 22 tahun.

Perjuangan timnas Finlandia dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2020 amat terbantu dengan keberadaan Glen Kamara. Dia selalu tampil dalam 10 partai yang dijadwalkan. Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, dia berhasil menyumbang dua asis.

Tak heran bila pelatih timnas Finlandia, Markku Kanerva seolah menjaminkan satu tempat di lini tengah akan diisi oleh Glen Kamara.

Fredrik Jensen
Tanggal Lahir: 09 September 1997
Posisi: gelandang serang
Klub saat ini: FC Augsburg

Sejak remaja, Fredrik Jensen sudah memutuskan untuk mengembangkan kemampuan sepak bola di luar Finlandia. Sekitar umur 15 tahun, kesebelasan dari Belanda, Twente FC menjadi pilihan Jensen. Lalu ketika umurnya 18 tahun, dia sudah mendapat pertandingan pertamanya di Eredivisie.

Kemudian Fredrik Jensen hengkang ke Jerman untuk memperkuat FC Augsburg per musim 2018/19. Untuk musim ini, dia sudah dimainkan dalam lima laga dari tujuh spieltag yang sejauh ini sudah berjalan. Tapi dia kebanyakan tampil sebagai pemain pengganti.

Debut Fredrik Jensen untuk timnas Finlandia tercipta di partai persahabatan yang berlangsung Maret 2017. Saat itu dia baru berumur 19 tahun 6 bulan 19 hari. Selanjutnya dia terus dipanggil membela Huuhkajat kendati kadang masih harus membela tim U-21.

Pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Fredrik Jensen turut memberi kontribusi dengan mencetak dua gol dari empat kali dimainkan dalam sepuluh partai yang tersedia. Kemudian dari empat laga UEFA Nation League B sejauh ini, dia selalu dimainkan dan berhasil membuat tiga gol.

Sayangnya pada masa International Break di bulan November ini Fredrik Jensen tak bisa membela timnas Finlandia karena mengalami cedera.

Leo Vaisanen
Tanggal Lahir: 23 Juli 1997
Posisi: bek tengah
Klub saat ini: IF Elfsborg

Leo Vaisanen mengawali karir sepak bola dari HJK Helsinki. Dia sudah bisa debut di liga utama Finlandia di usia 19 tahun. Kemudian bermain di klub-klub Finlandia lain yakni Pallokerho-35 dan Rovaniemen Palloseura. Pada musim 2018/19, dia pindah ke Belanda untuk membela FC Den Bosch.

Keputusan dari Leo Vaisanen untuk pindah ke Swedia pada bursa transfer Januari tahun ini menjadi berkah dalam kemajuan karirnya. Bersama IF Elfsborg, dia sudah bermain sebanyak 26 partai Allsvenskan musim ini yang sudah rampung 27 pekan. Sekali absen pertandingan lebih karena harus menjalani skorsing akumulasi kartu kuning.

Baru pada pertengahan tahun 2019 silam, Leo Vaisanen mendapat debutnya untuk tim senior Finlandia. Masuk sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir dalam pertandingan melawan Liechtenstein. Sebelumnya dia akrab bermain untuk Huuhkajat di tingkat junior mulai dari U-17 sampai U-21.

Leo Vaisanen mulai tampil sebagai pemain inti Huuhkajat sejak laga terakhir babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Terus berlanjut dalam tiga partai awal timnas Finlandia di tahun ini. Pada masa International Break yang berlangsung di bulan Oktober, dia diberi masa istirahat sehingga tak bermain.

Dalam partai persahabatan antara Prancis vs Finlandia(11/11/20), Leo Vaisanen tampil sangat baik dan membuat penyerang lawan sekaliber Olivier Giroud dan Antoine Griezmann (yang masuk sebagai pemain pengganti) tak bisa berbuat banyak.