Santer terdengar kabar ikon timnas Kolombia, James Rodriguez akan segera berganti kesebelasan. Setelah masa peminjamannya di Bayern Muenchen habis dan Real Madrid selaku pemilik pemain tampak tak ingin memasukkannya dalam skuat. Napoli yang tak henti membangun kekuatan demi berjaya di liga Italia difavoritkan sebagai klub terbaru pemain kelahiran tahun 1991 tersebut.

Setidaknya ada tiga faktor di Napoli yang mendukung pengaruh positif kepada James Rodriguez.

Carlo Ancelotti

Masa awal James Rodriguez di Real Madrid dan Bayern Muenchen yang berperan sebagai pelatih adalah Carlo Ancelotti. Kini allenatore yang akrab disapa Don Carletto itu menukangi Napoli. Atas rekomendasi dari Ancelotti, maka Napoli berani membuka negosiasi untuk memboyong James. Dibawah asuhan Ancelotti, James sanggup memberikan performa yang mengesankan. Jadi sudah pasti kemampuan yang dimiliki James akan terpakai dengan maksimal.

Pemain Amerika Latin

Bermukim di kawasan selatan Italia, Napoli ternyata memiliki tuah yang baik buat pesepakbola asal benua Amerika Latin. Mulai dari Diego Maradona, Careca, Ezequiel Lavezzi, Edinson Cavani, Gonzalo Higuain memiliki karir yang cemerlang di San Paolo. Kalangan pemain berkewarganegaraan Kolombia pun turut terangkat namanya di Napoli seperti Freddy Rincon dan Juan Zuniga.
Dan terakhir ada David Ospina, yang notabene mantan kakak ipar James Rodriguez.

Ambisi Menjadi Terbaik Kolombia

James Rodriguez sudah meraih gelar juara liga di tiga negara berbeda. Yakni Portugal (bersama Porto), Spanyol (bersama Real Madrid), dan Jerman (bersama Bayern Muenchen. Catatan tersebut lebih baik rekan senegaranya seperti Radamel Falcao dan Juan Cuadrado yang baru mengoleksi medali jawara liga di dua negara. Jika pindah ke Italia dan menuai kesuksesan bersama Napoli,
meski secara tidak langsung, James akan semakin mengukuhkan diri sebagai yang terbaik dari Kolombia.