Menjadi seorang kapten tim sepak bola diperlukan beberapa aspek diantaranya permainan yang stabil, pandai berkomunikasi, dan memiliki karisma. Kesebelasan yang berpartisipasi di Liga 1 2019 telah mempercayakan pemain sebagai pemimpin diatas lapangan hijau. Berdasarkan tipe-tipenya, terdapat 4 tipe kapten yang menarik untuk dibahas.

Kapten simbol kedaerahan
Berkaitan dengan identitas, sejumlah kesebelasan di Liga 1 2019 menyematkan pilihan pertama ban kapten kepada putra daerah yang tentu juga berpengaruh besar dalam permainan. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bisa menjaga kearifan lokal dalam sepak bola Indonesia. Boas Salossa, Supardi Nasir, Andritany Ardhiyasa, Hari Nur Yulianto, Irsyad Maulana adalah mereka yang mendapat kehormatan menjadi kapten tim provinsi kelahirannya.

Kapten rotasi
Terdapat dua tim yang menerapkan kebijakan perputaran penentuan jabatan kapten. Fadil Sausu dan Stefano Lilipaly berganti-gantian didaulat kapten tim Bali United. Sementara PSM Makassar menjadikan Zulkifli Syukur kapten tim di kompetisi lokal, sementara Wiljan Pluim untuk ajang AFC Cup. Meski belakangan, Pluim juga mendapat mandat memimpin rekan-rekannya di partai Liga 1 musim ini.

Kapten baru
Memasuki musim 2019, beberapa tim di Liga 1 menunjuk kapten yang baru. Ada yang karena kapten sebelumnya hengkang yakni Madura United dan Persela Lamongan. Ada yang murni pertimbangan teknis seperti Persebaya Surabaya, dimana sebelumnya Rendi Irawan yang menjabat kapten, kini beralih ke Ruben Sanadi. Kalteng Putra memberikan posisi kapten tim kepada pemain yang baru direkrut tahun ini, I Gede Sukadana. Sedangkan kesebelasan nama baru, Perseru Badak Lampung mendapuk striker senior T. A. Musafri sebagai kapten tim.

Kapten petahana
Status kapten tim yang dilantik dari masa sebelum-sebelumnya masih belum berubah di beberapa klub. Meski terjadi pergantian kursi pelatih, tak membuat Hamka Hamzah, Diego Michels, Manahati Lestusen, Indra Kahfi, Rizky Pora kehilangan ban kapten di klubnya masing-masing. Begitu pula Bagus Nirwanto yang sejak tahun lalu diandalkan coach Seto Nurdiantoro sebagai kapten tim.

Daftar kapten tim di Liga 1 2019 (dapat berubah sepanjang gelaran musim)

Klub Kapten
Arema FC Hamka Hamzah
Bali United Fadil Sausu / Stefano Lilipaly
Barito Putera Rizky Pora
Bhayangkara FC Indra Kahfi
Borneo FC Diego Michels
Kalteng Putra I Gede Sukadana
Madura United Greg Nwokolo
Persebaya Surabaya Ruben Sanadi
Persela Lamongan Arif Satria
Perseru Badak Lampung T. A. Musafri
Persib Bandung Supardi Nasir
Persija Jakarta Adritany Ardhiyasa
Persipura Jayapura Boas Salossa
PSIS Semarang Hari Nur Yulianto
PSM Makassar Zulkifli Syukur / Wiljan Pluim
PSS Sleman Bagus Nirwanto
Semen Padang Irsyad Maulana
TIRA – Persikabo Manahati Lestusen