Kasta teratas liga di Spanyol, La Liga siap bergulir tanggal 16 Agustus 2019. Partai pembukanya mempertemukan tim klasik, Athletic Bilbao versus Barcelona. Dengan jadwal yang sudah ditentukan, apakah para kesebelasan yang bertarung di La Liga bisa meraih start yang baik?

Berkaca pada musim lalu, Barcelona dan Real Madrid sanggup mengatasi lima laga awal tanpa terkalahkan. Sementara Valencia , Leganes dan Real Valladolid nihil kemenangan pada periode yang serupa. Namun di akhir musim, Valencia bisa finis peringkat empat sedangkan Leganes dan Real Valladolid aman dari hukuman degradasi.

La Liga

Asa optimisme mengawali La Liga musim ini dengan baik sangat terpancar dari Atletico Madrid. Sebab lima lawan yang akan dihadapi lebih dulu, secara atas kertas bisa ditaklukkan. Namun jika Jan Oblak dkk lengah, bisa saja mereka gagal meraih poin absolut. Contohnya musim lalu, saat bermain kandang melawan Eibar, hanya bisa bermain seri dengan skor 1-1,

Atletico Madrid vs Getafe
Leganes vs Atletico Madrid
Atletico Madrid vs Eibar
Real Sociedad vs Atletico Madrid
Atletico Madrid vs Celta Vigo

Hasrat besar Barcelona untuk hat-trick menjuarai La Liga musim ini akan diuji kemampuannya untuk sapu bersih lima laga awal. Bilbao, Betis dan Valencia menjadi lawan yang patut diwaspadai Luis Suarez cs. Musim lalu, Betis bisa mencuri kemenangan di Camp Nou. Sedangkan Valencia dan Bilbao selalu bisa menahan imbang di sepasang pertemuannya.

Athletic Bilbao vs Barcelona
Barcelona vs Real Betis
Osasuna vs Barcelona
Barcelona vs Valencia
Granada vs Barcelona

Musim lalu, Real Madrid berhasil membuat start yang apik. Tapi ditengah perjalanannya, laju Los Merengues mulai kacau. Sehingga menelan kekalahan sebanyak 12 pertandingan. Termasuk diantaranya tumbang dari Levante dan Sevilla. Belum lagi selama menjalani masa pre-season, penampilan yang diperlihatkan kurang meyakinkan.

Celta Vigo vs Real Madrid
Real Madrid vs Real Valladolid
Villarreal vs Real Madrid
Real Madrid vs Levante
Sevilla vs Real Madrid

Dua tim yang diyakini merecoki papan atas, Valencia dan Sevilla menghadapi tingkat kesulitan yang berbeda di lima jornada awal. Lawan yang akan dijumpai Valencia yakni Real Sociedad, Real Mallorca, dan Leganes di kandang sendiri. Kemudian ada Celta Vigo dan kandidat juara, Barcelona yang siap menjamu Los Ches. Sementara Sevilla akan bertemu Espanyol, Granada, Alaves di laga away. Serta meladeni Celta Vigo dan Real Madrid di kandang sendiri.

Jika melihat pada keseluruhan jadwal klub di lima jornada pembukaan La Liga, tak ada yang merasa dimudahkan. Hanya saja, untungnya tiga tim yang diunggulkan sebagai kampiun tak saling bertemu. Kendati begitu, tetap pantang anggap remeh ketujuh belas tim lainnya. Karena semangat untuk menggoyang hegemoni kalangan kesebelasan elit di Spanyol terus menyala.