Masa Pengabdian Willian Borges di Chelsea akan segera berakhir di musim ini. Pemain berposisi winger ini sudah bergabung dengan The Blues pada pertengahan tahun 2013. Diangkut dari klub “sempat kaya” di Rusia, Anzhi Makhachkala. Kebersamaan yang terjalin tujuh tahun tak berlanjut karena tak ada kesepakatan dalam perpanjangan kontrak kerja.

Itu berarti, Willian Borges akan berstatus free transfer. Sehingga kesebelasan-kesebelasan lain yang ingin merekrutnya hanya perlu menyiapkan nominal kontrak dan serangkaian kesepekatan kerja sama lainnya. Dengan kemampuan olah bola yang dimilikinya, sepertinya Willian tak perlu kesusahan untuk menemukan klub baru.

Willian Borges memulai petualangannya di sepak bola Eropa pada tahun 2007 dengan bergabung Shaktar Donetsk. Usianya pada saat itu 19 tahun. Sebelumnya ia belum lama naik pangkat ke tim senior Corinthians, salah satu klub elit Brasil. Menghabiskan lima setengah musim reguler bersama kesebelasan termahsyur Ukraina tersebut. Kemudian awal tahun 2013 hijrah ke Rusia.

Bila bertahan di Inggris

Pindah dari bagian barat London yang merupakan home base Chelsea menuju kawasan utara London yang menjadi markas Arsenal dan Tottenham Hotspur tentu bukan hal yang buruk. Apalagi Arsenal dan Tottenham Hotspur sangat dikaitkan dalam berita untuk situasi Willian sekarang.

Berdasarkan tingkat kebutuhan, Arsenal menjadi terdepan dalam perburuan mendapatkan Willian. Apalagi berkembang rumor transfer akan dilepasnya Alexandre Lacazette. Sehingga peluang bermain inti lebih besar. Sebelumnya ada Petr Cech dan David Luiz yang cabut dari Chelsea untuk kemudian pindah ke Arsenal. Apakah Willian akan meniru jejak kedua pemain tersebut?

Sementara di Tottenham Hotspur, dengan keberadaan Jose Mourinho sebagai pelatih dipercaya akan memikat Willian untuk tertarik bergabung kesana. Namun sebenarnya klub berjuluk The Lilywhites ini seakrang telah memiliki banyak pemain berposisi winger yang mumpuni.Son Heung-Min, Lucas Moura, Erik Lamela serta ditambah Steven Bergwijn yang tengah dalam kondisi cedera.

Setelah berganti pemilik klub, Newcastle United dalam gairah tinggi untuk memboyong pesepakbola-pesepakbola ternama. Willian turut dikaitkan dengan The Magpies untuk gerbong pengangkutan pemain level bintang. Namun tidak diketahui bagaimana pergerakannya Newcastle United dalam upaya merekrut Willian.

Tertarik ke Italia?

Pola transfer Juventus dalam dua musim belakangan ini terdapat rekrutan pemain free transfer dari klub Premier League. Yaitu Emre Can dari Liverpool (musim 2018/19) dan Aaron Ramsey (musim 2019/20). Dan seperti yang diketahui banyak pemerhati sepak bola, klub pengoleksi Scudetto terbanyak ini kerap berhasil mendapat berkah dalam merekrut pemain dengan status bebas transfer. Contohnya, Andrea Pirlo, Dani Alves, Sami Khedira.

“Brazilian Willian, 31, could reunite with former Chelsea boss Maurizio Sarri at Juventus when his contract at Stamford Bridge expires this summer” Tuttosport 02 April 2020

Keberadaan Maurizio Sarri di kursi kepelatihan Juventus juga dapat menjadi faktor pendukung perekrutan Willian. Sebab keduanya pernah berkolaborasi di Chelsea di musim 2018.19. Sarri sering memainkan Willian, dengan total 56 pertandingan dari segala kompetisi yang dijalani. Belum lagi adanya kompatriot Brasil yang sekarang di Juventus. Yakni Alex Sandro, Danilo, Douglas Costa.

Selain Juventus, di kalangan raksasa Serie A lain yang bisa jadi opsi Willian adalah Inter Milan dengan pelatihnya saat ini Antonio Conte. Semasa melatih Chelsea, Conte juga sering mengandalkan Willian. Hanya saja, kabar atau rumor transfer terkait Willian ke Italia tak berkembang.

Spanyol, Prancis, Jerman atau negara lain?

“Barcelona are close to agreeing a deal for Chelsea’s Brazil winger Willian, 31, whose contract expires at the end of the season” Marca 02 Februari 2020

Sejak bursa transfer januari lalu, rumor Barcelona akan memboyong Willian begitu kuat. Hanya saja belum terjadi sampai saat ini. Persaingan sektor depan dengan pemain setipe Willian di El Barca cukup ketat. Ada sang ikon klub, Lionel Messi yang tentu tak tergoyahkan posisinya. Andalan timnas Prancis, Antoine Griezmann. Pemain muda dengan masa depan yang menjanjikan, Ansu Fati. Serta Ousmane Dembele yang kini dalam kondisi cedera.

Klub ambisius asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) telah lama meminati Willian. Pada tahun 2016 lalu, isu pendekatan PSG dengan Chelsea untuk membeli Willian terdengar. Dengan segala atribut yang dimiliki, Willian dapat menjadi tambahan yang bagus untuk Les Parisien. Rekan senegaranya seperti Neymar dan Thiago Silva dapat membantunya untuk beradaptasi dengan Ligue 1. Meski persaingan liga disana tak menarik seiring dominasi klub ibukota Prancis tersebut.

“Bayern Munich are interested in Chelsea’s Willian. The Brazilian midfielder, 31, is out of contract at Stamford Bridge this summer” The Sun 12 Maret 2020

Dikabarkan oleh The Sun dan Daily Telegraph, Bayern Muenchen tertarik mendatangkan Willian. Amunisi winger di klub berjuluk Die Roten mungkin belum cukup. Sudah ada Serge Gnabry, Kingsley Coman, Ivan Perisic. Namun untuk mempertebal kualitas tim demi tujuan mengejar kejayaan Eropa, pemain berpengalaman dan berstatus free transfer seperti Willian pantang untuk dilewatkan. Hanya saja Willian perlu berkaca pada rekam jejak senegaranya sekarang, Philippe Coutinho.

Dengan usia melewati 30 tahun, biasanya pemain tak ragu pindah klub ke belahan dunia lain seperti benua Asia. Apalagi tawaran kontrak disana menggiurkan. Willian Borges pada tahun ini berumur 32 tahun. Memang sekarang tak kencang kabar klub dari Asia atau juga MLS-nya Amerika Serikat akan memboyongnya. Tapi tentu amat disayangkan apabila Willian memutuskan meninggalkan benua Eropa.